ADVERTISEMENT

Sajian Lezat Imlek 2022

Bersihkan Alat Makan hingga Ngemil Bareng Keluarga, Tradisi Imlek Sejak Dulu

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 29 Jan 2022 18:00 WIB
grandfather giving red packet angpao to his grandson during chinese new years eve reunion dinner
Foto: Getty Images/chee gin tan
Jakarta -

Jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek, banyak rutinitas atau tradisi yang perlu dilakukan. Mulai dari membersihkan peralatan makan, sampai ngemil bareng keluarga.

Dikenal juga dengan nama Lunar New Year, perayaan Imlek tak hanya dirayakan di China saja tapi juga di Singapura, Vietnam, Malaysia, hingga Indonesia. Mirip seperti perayaan Lebaran untuk umat Muslim, Imlek juga memiliki beberapa tradisi yang biasanya dilakukan orang-orang jelang perayaannya.

Tahun ini, Imlek jatuh pada Selasa, tanggal 1 Februari, dan masuk ke dalam Tahun Macan Air. Berikut beberapa tradisi jelang Imlek yang dilakukan banyak keluarga China sejak dulu.

1. Membersihkan Peralatan Makanan

Photo of Woman or man cleaning kitchen cabinets with sponge and spray cleaner. Female or male hands Using Spray Cleaner On Wooden Surface. Maid wiping dust while cleaning her house wearing yellow protective gloves, close-upBersih-bersih rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ljubaphoto

Sudah menjadi agenda dan tradisi wajib bagi setiap keluarga yang merayakan Imlek, untuk membersihkan rumah mereka. Bersih-bersih rumah di sini, berbeda dengan membersihkan rumah sehari-hari.

Tapi bersih-bersih jelang Imlek, meliputi seluruh bagian rumah. Mulai dari lantai, langit-langit rumah, kaca, garasi, ruang tamu, lampu, hingga setiap sudut rumah yang tak terlihat sekali pun harus dibersihkan.

Tentu saja agenda bersih-bersih ini juga meliputi membersihkan dapur, meja makan, kulkas, peralatan makanan piring, sendok garpu, hingga gelas. Membersihkan rumah sebelum Imlek, dipercaya dapat membuang hal-hal buruk dan aura negatif dari rumah. Sehingga memberikan aura positif untuk menyambut tahun baru.

2. Belanja Kue dan Makanan

Celebrating Chinese new year. Happy Asian multi generations family in red cheongsam reunion and greeting at home.Belanja kue dan makanan untuk di rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/szefei

Identik dengan warna merah, Imlek dirayakan secara meriah di setiap rumah, jalanan, hingga pusat perbelanjaan. Setelah membersihkan rumah, tradisi imlek selanjutnya adalah berbelanja.

Selain berbelanja hiasan Imlek, angpao, hingga aneka hadiah untuk keluarga dan saudara yang akan berkunjung saat hari raya Imlek. Orang-orang juga sibuk membeli segala jenis makanan, mulai dari makanan yang sudah jadi, hingga bahan makanan untuk suguhan Imlek.

Salah satu daftar belanja yang paling banyak dibeli ada aneka daging, sayuran, dan buah-buahan. Sementara pelengkap lainnya seperti permen, kue-kue, dan kacang-kacangan juga wajib ada di setiap meja makan atau meja tamu di rumah orang yang merayakan Imlek.

3. Makan Bersama

Imlek di Gran Melia Bersama Keluarga BesarIlustrasi sajian Imlek Bersama Keluarga Besar Foto: detikFood

Merayakan Imlek, tak lengkap tanpa tradisi makan bareng atau makan bersama seluruh anggota keluarga. Acara makan bareng ini sudah menjadi tradisi saat Imlek, banyak orang yang rela pulang kampung ke rumah mereka, demi bisa makan bareng dengan keluarga saat Imlek.

Makanan yang ditawarkan juga berbeda dengan makanan sehari-hari. Setiap makanan yang disuguhkan, selalu beragam, dan terkadang mewah. Tak hanya dimanjakan dengan makanan enak saja, tradisi makan bareng saat Imlek ini juga disebut sebagai 'reuni makan' atau disebut Weilu.

Tradisi reuni makan ini untuk mengeratkan tali persaudaraan, hingga kedekatan anggota keluarga dengan saudara lainnya. Berbagai hidangan yang harus ada di acara makan saat Imlek, yaitu ikan utuh, pangsit (dumpling), hingga mie yang melambangkan panjang umur.



Simak Video "Penjualan Dodol Keranjang Alami Peningkatan di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT