7 Rahasia Restoran AYCE Mendapatkan Keuntungan

Riska Fitria - detikFood
Senin, 31 Jan 2022 12:00 WIB
7 Rahasia Restoran AYCE Mendapatkan Keuntungan
Foto: Getty Images/iStockphoto/SienNg
Jakarta -

Restoran konsep 'All You Can Eat' (AYCE) kini banyak diminati. Namun, tahukah kamu bagaimana restoran AYCE mendapatkan untung?

Kini banyak bermunculan restoran berkonsep AYCE atau makan sepuasnya. Dengan satu harga, kamu bisa menikmati semua item menu yang ditawarkan di sana tanpa terkecuali.

Di Indonesia sendiri, restoran AYCE umumnya menawarkan menu shabu-shabu dan grill seharga Rp 100.000. Dengan harga tersebut bisa makan sepuasnya dengan batasan waktu 90 menit.

Tawaran tersebutlah yang menarik minat banyak orang, khususnya bagi yang sudah biasa makan dalam porsi yang besar. Mulai dari daging, sayuran, saus, dan pelengkap lainnya.

Di samping itu, tak sedikit orang yang penasaran bagaimana restoran All You Can Eat mendapatkan untung jika mempersilahkan pengunjung untuk makan sepuasnya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 rahasia bagaimana restoran AYCE mendapatkan untung:

7 Rahasia Restoran AYCE Mendapatkan KeuntunganDalam psikologi makanan, piring kecil dapat menciptakan ilusi makanan terlihat lebih banyak dan gelas yang besar membuat pengunjung mengambil minum lebih banyak. Foto: Getty Images/iStockphoto/SienNg

1. Hanya Menyediakan Piring Kecil dan Gelas Besar

Jika kamu menyadari, restoran AYCE selalu menyediakan piring berukuran lebih kecil dari piring restoran biasanya. Sementara untuk gelasnya berukuran besar.

Dalam psikologi makanan, piring kecil dapat menciptakan ilusi makanan terlihat lebih banyak. Ini bisa mencegah pengunjung membuang-buang makanan yang tak habis.

Sementara gelas yang berukuran besar itu ditujukan untuk membuat pengunjung lebih banyak minum, sehingga perut terasa kembung dan penuh.

Baca Juga: Duh! PemilikResto 'AYCE' Maki Pengunjung yang Ambil Makanan Mahal

2. Menu yang Dibeli secara Massal dengan Harga Murah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kebanyakan restoran AYCE di menawarkan menu shabu-shabu dan grill. Menu itu menggunakan bahan-bahan yang dibeli secara massal atau jumlah besar.

Mulai dari daging, sayuran, dumpling, nasi, kentang, bakso, crabstick, dumpling dan masih banyak lagi. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga tersedia dalam potongan yang kecil-kecil.

3. Harga Dinaikkan untuk Menciptakan Suatu Persepsi

Harga yang ditawarkan dalam restoran All You Can Eat biasanya terkesan mahal. Namun, harga yang mahal itu ditujukan untuk menciptakan persepsi bahwa menunya berkualitas.

Hal tersebut seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi yang melakukan eksperimen di restoran prasmanan makan siang di AYCE di Italia, lapor Mashed.com.

Pengunjung di sana dikenakan biaya Rp 57.000 untuk pizza, sementara yang lain harus membayar Rp 115.000 untuk hidangan yang sama. Mereka yang membayar lebih mahal akan merasa makanan yang dibeli mereka lebih berkualitas.

Baca Juga: Resto AYCE Masih Diminati, Ini 5 Prediksi AYCE yang Bakal Populer 2022