Potret Jorok Dapur Resto Ini Viral, Begini Tampilannya

Devi Setya - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 13:00 WIB
Restoran jorok di malaysia
Foto: world of Buzz
Jakarta -

Sebuah restoran di Malaysia menjadi viral setelah videonya beredar di media sosial. Makanan di restoran ini diletakkan sembarangan dekat kompor sebelum disajikan ke pelanggan.

Rasa makanan yang enak biasanya membuat restoran ramai disambangi pembeli. Namun ternyata enak saja tidaklah cukup. Makanan seharusnya diolah dengan bersih dan higienis agar pelanggan tak mengalami masalah kesehatan.

Dilansir dari World of Buzz (29/1) sebuah restoran di Malaysia menjadi perbincangan publik setelah suasana dapurnya diperlihatkan dalam sebuah video. Para pegawai di restoran ini menempatkan makanan secara sembarangan dan terkesan jorok.

Restoran jorok di malaysiaRestoran jorok di malaysia Foto: world of Buzz

Video yang memperlihatkan area dapur yang kotor ini diduga berasal dari sebuah restoran di Kampung Baru, Kuala Lumpur, Malaysia. Video tersebut awalnya direkam dan diunggah oleh salah satu pekerja dari restoran tersebut namun diketahui video sudah dihapus.


Dalam video pertama, terlihat seorang pekerja sedang menumbuk kentang dalam panci besar. Panci ini ditempatkan di lantai beralas tanah. Sementara kentang ditumbuk menggunakan botol bekas.

Tak hanya itu, video selanjutnya memperlihatkan seorang pekerja mengiris bahan makanan tanpa menggunakan sarung tangan. Ada juga pemandangan potongan ayam yang sudah matang lalu diletakkan di pinggir kompor. Area ini biasanya kotor karena percikan minyak goreng.

Tak hanya itu, seorang pekerja juga terlihat mencelupkan tangan ke dalam ember berisi air kemudian memercikkan air ini ke minyak panas di wajan. Sebenarnya video ini direkam untuk menunjukkan curhatan soal kerja keras yang dijalani para pekerja perantau.

Video ini pun mendapat beragam reaksi dari netizen yang mengkritik cara restoran ini menyiapkan makanan. Kondisi dapur yang kotor dan jorok menjadikan banyak orang penasaran dengan nama restoran ini sekaligus mengomentari soal kebersihan makanan.

"Pesanan banyak tapi tidak mampu membeli nampan untuk ayam? Kamu sedang memberi makanan kepada orang-orang, tolong jaga kebersihannya!" kata netizen.

"Banyak red flag di sana. Tidak pakai celemek, tidak pakai hairnet, makanan dibiarkan terbuka, melakukan pekerjaan di lantai, lantai basah dan licin. Saya bisa saja memanggil teman-teman saya dari KKM untuk menyerbu tempat ini," sahut netizen lainnya.

"Biasakan memasak di rumah. Lihat ini, saya jadi merinding untuk makan di luar sekarang. Covid-19 benar-benar mengajari kami untuk menyiapkan makanan di rumah," pungkas netizen lainnya.

Restoran jorok di malaysiaRestoran jorok di malaysia Foto: world of Buzz

Suasana restoran yang jorok sebenarnya bukan kali ini saja terungkap. Ada juga kedai makanan hingga penjual makanan kaki lima yang terekam menyiapkan makanan dengan cara yang jorok.

Di Indonesia pernah viral penjual martabak yang menyiapkan makanan pelanggan dengan area masak yang kotor dan berantakan. Kemudian ada kejadian yang baru-baru ini viral yakni penjual nasi goreng yang menempatkan sambal pada wadah kotor yang sudah berjamur.



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)