Jago! Bocah 12 Tahun Ini Bikin Kue Bentuk Sate di 'Junior Bake Off'

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 28 Jan 2022 18:30 WIB
Jago! Bocah 12 Tahun Ini Bikin Kue Bentuk Sate di Junior Bake Off Foto: NST/BritshBakeOff
Jakarta -

Buktikan keahliannya membuat kue. Bocah berusia 12 tahun ini memukau orang-orang dengan kue bentuk sate dan bumbu kacang di televisi Inggris.

Berhasil masuk ke dalam acara kompetisi membuat kue yaitu Junior Bake Off yang tayang di televisi Inggris. Bocah perempuan bernama Aisya Syahrul keturunan Melayu, membuktikan keahliannya membuat kue di acara Junior Bake Off.

Aisya yang tinggal di Manchester menggunakan budaya kampung halamannya yaitu Malaysia, untuk memukau para juri di acara Junior Bake Off .

Dilansir dari RedChilli (27/01), Aisya membuat kue dengan bentuk dan hiasan menyerupai sate ayam lengkap dengan saus kacangnya. Bukan tanpa alasan mengapa Aisya memilih menu sate ayam sebagai inspirasi desain kue buatannya.

Ia merupakan salah satu dari 16 kontestan yang bertanding di Junior Bake Off. Saat itu ia harus membuat kue dengan tema 'dessert imposter', atau desain kue yang menyerupai benda atau makanan tertentu.

Baca Juga: Manis Kenyal Kue Keranjang Khas Imlek yang Sarat Makna" selengkapnya

Jago! Bocah 12 Tahun Ini Bikin Kue Bentuk Sate di 'Junior Bake Off'Bocah bernama Aisya Jago buat kue. Foto: NST/BritshBakeOff


Aisya langsung membuat kue cokelat dengan hiasan realistis sate ayam di atasnya. Ia juga menambahkan hiasan daun pisang, irisan timun, bawang dan saus kacangnya yang semuanya dibuat dari kue.

Ia menjelaskan bahwa bagian sate ayam dibuat dari adonan cookies yang lebih mudah dibentuk. Ia juga menambahkan saus karamel dengan tambahan kacang di atasnya untuk hiasannya.

Cookie dough ia gunakan agar semua bagian kuenya bisa dimakan. Tentunya desain kue bentuk sate ayam khas Malaysia itu langsung mendapatkan pujian dari para juri, yang menurut mereka desain sate itu tampak keren.

Rasa dari kue cokelatnya juga enak, bahkan Aisya memenangkan juara 'Star Baker' atau peserta dengan hasil terbaik dalam tantangan kali ini.

Jago! Bocah 12 Tahun Ini Bikin Kue Bentuk Sate di 'Junior Bake Off'Cake bentuk sate khas Malaysia. Foto: NST/BritshBakeOff

Aisya menyebutkan bahwa inspirasinya ini datang dari keluarganya. Terutama sang nenek dan sang ibu yang mengajarkannya memasak dari kecil. Dia juga sering menambahkan bumbu-bumbu rempah dari Malaysia ke dalam kue-kue buatannya.

Sebelumnya Aisya juga berhasil membuat pie selama dua jam, menggunakan bubuk kari khas Malaysia untuk membuat isian ayam dan kentang untuk isian pienya.

Aisya berharap dengan ikutnya ia dalam acara Junior Bake Off, bisa membuktikan keahliannya dalam membuat kue secara profesional sekaligus belajar untuk menjadi pembuat kue yang baik.

Baca Juga: Netizen Ini Curhat Kue Pengantinnya Miring dan 'Berurat'" selengkapnya



Simak Video "Berburu Kue Lebaran di Pasar Mayestik"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com