Apa Benar Minum Wine Bisa Cegah Covid-19? Ini Bukti Penelitiannya

Devi Setya - detikFood Jumat, 28 Jan 2022 07:00 WIB
Wine pouring into a glass Foto: iStock
Jakarta -

Banyak cara yang dicari masyarakat untuk cegah tertular virus Covid-19. Termasuk minum wine yang konon bisa cegah Covid-19.Penelitian terbaru mengungkap buktinya.


Virus Covid-19 menjadi momok menakutkan bagi seluruh warga dunia, tak ada yang mau tertular penyakit mematikan ini. Agar tidak tertular virus Covid-19, banyak orang mencari alternatif obat alami sebagai langkah pencegahan.

Dilansir dari Tasting Table (26/8) sebuah penelitian mengungkap bahwa minum wine berpotensi untuk mencegah virus Covid-19. Penelitian yang dirilis Layanan Kesehatan Nasional Inggris ini menunjukkan korelasi antara peminum wine dengan paparan virus Covid-19.

Wine Rp 85 Juta Ini Setahun Disimpan di Luar Angkasa, Bagaimana Rasanya?ilustrasi wine Foto: iStock/SkyNews

Studi tersebut menemukan fakta bahwa orang yang tidak minum wine sama sekali lebih mudah tertular Covid-19. Sementara orang yang minum wine tidak lebih atau kurang memiliki peluang tertular virus. Dari penelitian ini diungkapkan orang yang minum 14 gelas red wine dalam 7-10 hari memiliki risiko 17 persen lebih kecil tertular virus Covid-19.

Sementara orang yang minum white wine atau champagne dalam jumlah sama, memiliki 8 persen lebih kecil terpapar virus Covid-19. Namun disebutkan pula persentase risiko ini tidak bisa menjadi patokan utama karena angka-angka ini dilaporkan sebagai pola korelatif, bukan efek langsung alkohol pada Covid-19.

Di samping itu, wine memang telah lama disebut sebagai minuman yang memberikan efek kesehatan bagi jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki anggapan lain soal konsumsi alkohol.

WHO menjelaskan bahwa alkohol sebenarnya berpotensi merusak fungsi dan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, hal ini menyebabkan dua jenis kerusakan yakni jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan, karena kondisi organ tubuh setiap orang berbeda.

Salah atau hal yang dikhawatirkan adalah alkohol dapat membuat masalah kesehatan pernapasan yang merupakan ciri utama penyakit Covid-19. Oleh karenanya konsumsi wine dalam jumlah berlebih tetaplah tidak dibenarkan dalam kesehatan.

7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang SuapDua orang sedang minum wine Foto: Getty Images/webphotographeer

Dilansir dari Mayo Clinic (26/1), orang bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi jus anggur. Kabarnya, minum jus anggur berpotensi mendapatkan manfaat yang sama dengan minum wine.

Jadi untuk mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus menurunkan risiko paparan virus, kamu bisa memilih minum jus anggur. Buah anggur juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas. Apalagi jus anggur memiliki rasa yang enak dan segar.



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com