Apakah Teh Hijau Aman Dikonsumsi Anak-anak? Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 28 Okt 2021 06:00 WIB
Teh hijau Foto: Istimewa
Jakarta -

Konsumsi teh hijau diketahui sangat baik untuk kesehatan dan imunitas. Tetapi bagaimana jika dikonsumsi oleh anak-anak? Begini penjelasan ahli terkait keamanan konsumsi teh hijau untuk anak.

Konsumsi teh hijau dikaitkan dengan manfaat kesehatan karena kandungan komponen aktifnya yang sangat baik untuk tubuh. Ada kandungan catechin, antioksidan, dan berbagai komponen lain yang sangat baik terutama untuk menguatkan imunitas tubuh di musim pancaroba dan saat penyebaran penyakit tengah meningkat.

Teh hijau menjadi jenis minuman lain yang banyak diminum oleh orang dewasa selain kopi. Banyak yang meyakini bahwa minum teh hijau selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Tetapi bagaimana jika teh hijau diberikan kepada anak-anak dengan tujuan menjaga kesehatan serta kekuatan imunitasnya? Para ahli kesehatan ikut angkat bicara terkait keamanan konsumsi teh hijau pada anak.

Baca juga: Buat Racikan Teh Hijau Pakai Jahe hingga Madu Agar Khasiatnya Maksimal

teh hijauFoto: iStock

Mengutip Times of india (25/10), beberapa makanan dan minuman yang baik untuk orang dewasa terkadang belum cocok jika dikonsumsi oleh anak. Salah satunya adalah teh hijau yang kaya antioksidan dan komponen aktif lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kesadaran akan kesehatan dan kebugaran tubuh membuat konsumsi teh hijau menjadi dilakukan di berbagai tempat. Perlu diketahui manfaat sehat teh hijau ini datang dari daun teh yang tidak difermentasikan sehingga kandungan nutrisi dan antioksidannya sangat tinggi.

Menurut penjelasan para ahli gizi dan nutrisi, teh hijau memiliki sedikit kandungan kafein di dalamnya dan bisa saja menimbulkan efek alergi pada tubuh anak-anak yang mengonsumsinya. Selain itu, kandungan kafein yang ada di dalam teh hijau dikhawatirkan dapat memberikan efek
insomnia, kesulitan fokus, hingga efek hiperaktif pada anak-anak.

Tetapi jika anak tidak terlihat memiliki gangguan maupun gejala gangguan lainnya, sangat diperbolehkan jika ingin memberikan secangkir teh hijau pada anak-anak. Teh hijau yang disajikan pada anak-anak bisa ditambahkan madu dan lemon untuk menambahkan rasa dan juga membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuhnya.

efek buruk minum teh hijauFoto: Istimewa

Terlebih pada musim penghujan, konsumsi teh hijau yang hangat pada anak dikatakan oleh ahli sangat baik untuk membantu mencegah pilek dan flu akibat perubahan suhu. Konsumsi teh hijau secara rutin juga dikaitkan dengan pencegahan pertumbuhan bakteri dan produksi sulfur pada rongga mulut yang biasanya menyebabkan kavitas gigi dan bau mulut tak sedap pada anak.

Konsumsi teh hijau pada anak juga disebutkan oleh ahli sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan metabolismenya. Menambahkan jahe juga bisa membantu memberikan rasa yang lebih enak untuk teh hijau sehingga lebih mudah dihabiskan oleh anak-anak.

Namun semua hal tersebut perlu disesuaikan dengan kondisi anak. Kembali lagi, para ahli sebelumnya juga mengingatkan untuk mengetahui gejala yang dapat timbul pada anak setelah mengonsumsi teh hijau dalam kadar yang sedikit. Jangan langsung memberikan teh hijau dalam jumlah banyak agar tidak terjadi efek yang tak diinginkan pada anak. Untuk lebih amannya, orang tua bisa langsung mengonsultasikan hal ini pada dokter anak atau ahli kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Hijau, Cegah Kanker hingga Atasi Gejala COVID-19



Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com