ADVERTISEMENT

Punya Banyak Penggemar, Restoran China Klasik hingga Kekinian Selalu Ramai

Devi Setya - detikFood
Rabu, 26 Jan 2022 16:00 WIB
Restoran China
Foto: iStock
Jakarta -

Hidangan ala China punya banyak penggemar di manapun. Terbukti dengan ramainya restoran China klasik hingga modern, bahkan yang legendaris pun tak pernah sepi pengunjung.


Ciri khas masakan China yang gurih asin ternyata bisa diterima lidah banyak orang. Di Indonesia pun, restoran China menjamur di seluruh pelosok. Paduan bumbu serta saus khas menjadikan aneka makanan ini disukai banyak orang.

Chinese food seperti fuyung hai, ayam kuluyuk, capcay bahkan mie goreng ala China selalu jadi pilihan tepat untuk disantap bersama keluarga ataupun teman. Selain rasanya, masakan China biasanya hadir dengan porsi besar jadi pas dinikmati sebagai makan tengah atau sharing.

Di Jakarta sendiri, saking banyaknya sampai tak terhitung jumlah restoran China. Beberapa diantaranya terkenal sebagai restoran legendaris yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

masakan chinamasakan china Foto: iStock

Sebut saja salah satunya Trio, restoran yang bahkan sudah beroperasi tak lama setelah Indonesia merdeka yakni tahun 1947. Trio yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini bukanlah restoran mewah karena bangunannya sangat sederhana. Rasa hidangan China Kanton yang autentik menjadikan restoran ini mampu bertahan melewati zaman.

Tak kalah legendaris, ada restoran Eka Ria yang sejarahnya tak kalah panjang. Restoran ini sudah berusia 96 tahun alias hampir satu abad dan masih eksis dengan pelanggan yang datang dari berbagai kalangan.

Bukan hanya yang legendaris, restoran China di hotel berbintang pun punya rating bagus karena penilaian pelanggan pada rasa makanan dan pelayanannya. Misalnya ada Li Feng di Hotel Mandarin Oriental, Table8 di Hotel Mulia atau Tien Chao di Gran Melia. Resto China ini bisa jadi pilihan saat ingin menikmati hidangan China mewah.

Punya budget terbatas tapi ingin makan Chinese food? Jangan khawatir, ada banyak kedai Chinese food yang menawarkan makanan enak namun harganya ramah di kantong.

Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran ChinaMakanan di Restoran China Foto: Getty Images/hxyume

Di Stasiun Pondok Cina misalnya, ada Pondok Rizki 99 Seafood. Di sini kamu bisa puas makan berbagai hidangan ala China dengan harga murah meriah. Ada angsiu tahu, ayam mentega, udang goreng lada hitam hingga fuyung hai yang gurih. Rata-rata harga makanan di sini dibanderol Rp 13.000 sampai Rp 15.000 saja.

Bisnis restoran China pun terlihat menjanjikan, buktinya artis Ayu Dewi bahkan sampai membuka restoran China di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Restoran Twelve ini langsung menyita perhatian publik sejak baru pertama kali dibuka. Interior dengan gaya China klasik terlihat mendominasi area restoran.

DetikFood kali ini akan membahas ulasan seputar Chinese food dan restoran China populer. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi tempat makan masakan China yang sesuai selera dengan budget sesuai kantong.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT