ADVERTISEMENT

Cici Panda Dulu Doyan Banget Kopi Manis, Kini Jadi Pilih Minum Kopi Sehat

Devi Setya - detikFood
Selasa, 25 Jan 2022 19:00 WIB
Cici Panda Dulu Doyan Banget Kopi Manis
Foto: Instagram @pandasuper
Jakarta -

Presenter Cici Panda termasuk salah satu penggemar berat kopi. Ia mengakui dirinya dahulu hobi minum kopi manis tetapi kini beralih memilih mengonsumsi kopi yang lebih sehat.

Lewat akun instagramnya @pandasuper, Cici Panda membagikan pengalaman soal selera kopi yang dinikmatinya. Unggahan ini menampilkan foto Cici Panda memegang segelas kopi, pada keterangan fotonya ia menuliskan 'Aku dan Kopi' serta membeberkan perbedaan caranya menikmati kopi.

Wanita dengan nama lengkap Veronica Felicia Kumala ini mengawali karir sebagai presenter sekaligus penyiar radio. Cici Panda yang mendapat jadwal siaran pagi, hampir setiap hari mengandalkan kopi untuk membuat matanya melek.

Cici Panda Dulu Doyan Banget Kopi ManisPose Cici Panda Saat Nikmati Kopi Foto: Instagram @pandasuper

"Ini minuman yang masuk kedalam kehidupan karena aku suka aromanya. berawal dari minum kopi sachet ketika mulai siaran pagi di Prambors, ditambah pas awal nikah suka bikinin sipit senior kopi, akhirnya jadi minuman wajib setiap hari," ujar Cici Panda.

Diakui wanita berusia 38 tahun ini, kopi yang dinikmati setiap hari ini adalah kopi kemasan sachet. Kopi ini memang praktis karena tinggal diseduh dengan air panas, langsung bisa dinikmati.

Setelah sekian lama menikmati kopi sachet, Cici Panda beralih mengonsumsi kopi susu. Meskipun sudah mengandung susu dan gula, tetapi ia tetap menambahkan gula pasir.

"Dulu kopi maunya kopi yang instant.. trus beralih ke kopi susu dengan gula seabrek! Untuk satu gelas kopi susu, aku bisa pake 3 sachet gula.. edan yak!" lanjut Cici Panda.

Mantan presenter Katakan Cinta dan Termehek-mehek ini baru menyadari asupan gulanya terlalu banyak setelah bertemu dokter gizi Rika Christina. Dari sini Cici Panda mulai mengubah caranya mengonsumsi kopi.

"Akhirnya pelan-pelan lebih mindfull ketika mengkonsumsi sesuatu, dan akhirnya beralih ke kopi hitam tapi tetep dengan gula putih," ujar Cici Panda.

Kini Cici Panda mengaku bisa minum kopi tanpa gula pasir sama sekali. Ia beralih menggunakan gula kelapa atau gula stevia.

Sebelumnya Cici Panda sempat berhenti minum kopi selama 8 bulan untuk membersihkan tubuhnya dari kafein. Ia juga mengaku sempat kecanduan kafein karena jika tak minum kopi, kepalanya akan merasa pusing.

"Sempet 8 bulan stop minum kopi, karena mau ngedetox badan dari ketergantungan sama caffein. Trus sekarang mulai minum lagi, tapi bedanya saat ini aku minum kopi karena pilihan bukan karena kepala pusing kalo gak minum kopi," beber Cici Panda.

Lewat unggahan ini juga Cici Panda berpesan untuk mengenali kondisi tubuh sebelum mengonsumsi kopi.

"Emang kopi bagus buat badan? Ini banyak pendapat sih.. tapi yang pasti memang caffein itu termasuk stimultant yang bikin hormon kortisol dan adrenaline jadi naik. Bahkan katanya walau ada orang-orang yang minum kopi abis itu bisa tidur, tapi tetep ditubuh ada reaksi yang terjadi. Jadi ya intinya know your body and drink it wisely," pungkas Cici Panda.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT