Konsumsi 7 Makanan yang Mengandung Alkali Ini Bisa Cepat Gempur Lemak

Devi Setya - detikFood Minggu, 23 Jan 2022 10:00 WIB
Ha Ji Won Makan Lemon Biar Awet Muda Foto: Getty Images/Ist
Jakarta -

Bukan hanya makanan tinggi gula dan lemak saja yang harus dihindari ketika ingin memiliki badan ideal. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung alkali yang ampuh hilangkan lemak berlebih.

Bentuk tubuh ideal tentu menjadi harapan banyak orang, namun nyatanya banyak yang mengeluh berat badan berlebih dan memiliki tumpukan lemak di beberapa area badan. Untuk melunturkan lemak, salah satu cara yang bisa diterapkan yakni mengonsumsi makanan yang mengandung alkali.

Dilansir dari BrightSide (21/1) makanan yang mengandung alkali ampuh menyeimbangkan asam dan pH dalam darah. Efeknya yakni tubuh yang sehat serta mengontrol kandungan lemak dalam tubuh.

Berikut beberapa makanan yang mengandung alkali dan bantu lunturkan lemak:

1. Alpukat

Sebuah penelitian mengungkap bahwa kolesterol dalam darah mampu berkurang sebanyak 8,2 persen dengan rutin mengonsumsi alpukat. Alpukat membantu menetralkan asam di perut dan meningkatkan pencernaan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran.

Sejarawan Spanyol Bernardino de Sahagun, dalam bukunya The Universal History of the Things of New Spain (1576), mengatakan bahwa bahkan suku Aztec tahu tentang manfaat alpukat. Mereka menggunakan alpukat sebagai obat herbal.

Alpukat juga mengandung lemak yang sehat dan tidak memicu kenaikan berat badan. Alpukat juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan campuran minuman lezat.

2. Pisang

Pisang mengandung dua jenis serat yakni pati dan pektin. Pati pada buah pisang membantu melancarkan pencernaan, sementara pektin membantu menjaga kesehatan usus sehingga terhindar dari kanker usus besar. Buah pisang mengandung alkali dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan zat besi pada pisang juga meningkatkan produksi hemoglobin serta membantu menormalkan gula darah. Sementara potasium dalam pisang membantu menurunkan tekanan darah.

tips kembang kol gorengKembang kol termasuk makanan yang mengandung alkali Foto: iStock

3. Kembang kol


Kembang kol mengandung vitamin C, A, B dan berbagai nutrisi lainnya. Kandungnan kolin pada kembang kol membantu memperkuat sistem saraf dan mencegah penumpukan kolesterol dalam hati.

Kembang kol juga mengandung kalsium yang bagus untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Sementara magnesium pada kembang kol membuat suasana hati menjadi lebih baik. Kembang kol juga jadi pilihan orang-orang yang sedang menjalani program diet.

4. Melon


Melon mengandung antioksidan yang mampu mengurangi resiko terkena kanker. Buah dengan rasa manis ini juga menjadi sumber serat yang baik untuk sistem pencernaan. Sementara asam folat dan askorbat dalam buah melon membantu memperkuat sistem imun dan jaringan tulang.

Melon juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi sehingga memberi efek kesehatan kulit. Melon punya rasa manis dan enak, cocok dimakan langsung atau dijadikan campuran minuman. Pilih melon yang matang agar rasanya manis segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com