Makan Enak di Pusat Grosir

Masakan Manado Halal hingga Roti Srikaya Enak Ada di ITC Kuningan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 23 Jan 2022 17:00 WIB
Masakan Manado Halal hingga Roti Srikaya Enak Ada di ITC Kuningan Foto: detikfood
Jakarta -

ITC Kuningan dan Mal Ambasador, salah satu pusat belanja favorit di Jakarta Selatan. Di sini tersedia ragam makanan enak yang menarik dicoba. Mulai dari masakan Manado halal sampai roti kukus srikaya yang lembut manis.

ITC Kuningan dan Mal Ambasador adalah dua pusat belanja yang berhubungan. Lokasi keduanya di kawasan Jl. Prof. DR. Satrio, Kuningan, ini dihubungkan oleh jembatan di lantai 4 yang bisa dilalui para pengunjung.

Di kawasan inilah terdapat pusat kuliner. Kamu bisa menemukan aneka makanan ringan hingga makanan utama yang mengenyangkan.

Menariknya, sebelum tahun 2015, kawasan ini bahkan dikenal sebagai pusat makanan Manado karena ada banyak kios yang menyajikan makanan khas ibu kota Sulawesi Utara itu. Namun setelah tahun 2015, banyak kios makanan Manado tutup dan digantikan oleh kios-kios makanan lain.

Payangka Ambas 77, kios makanan Manado halal di ITC KuninganPayangka 77 Ambas, kios makanan Manado halal di ITC Kuningan Foto: detikfood

Hal ini diceritakan seorang pegawai kios Payangka 77 Ambas yang menjual makanan Manado halal. Menurutnya, dari puluhan kios makanan Manado dulu, saat ini hanya dua yang tersisa. Keduanya adalah Payangka 77 Ambas dan Anugrah.

"Dari tahun 2005 sampai 2015, itu dulu (kios) masakan Manado semua. Setelahnya, barulah datang semua yang sekarang," katanya.

Mengenai menunya, Payangka 77 Ambas menghadirkan menu Manado autentik karena chef-nya merupakan orang Manado asli. Kios yang beralamat di Lantai 4 Nomor 34 ini menyediakan sekitar 14 jenis lauk dan 5 jenis sayur.

Payangka Ambas 77, kios makanan Manado halal di ITC KuninganRagam masakan Manado halal di Payangka Ambas 77 Foto: detikfood

"Lauk favorit itu cumi, cakalang asap, bebek bumbu serai, telur ikan tuna, ikan tude, ayam rica, dan tuna woku," katanya. Kisaran harga per porsi nasi, lauk, dan sayur di sini Rp 25-45 ribu. "Paling mahal itu ikan tude, Rp 45 ribu," katanya.

detikfood mencicipi beberapa sajian di sini. Cakalang fufu (Rp 20.000), cumi asin (Rp 25.000), dan bunga pepaya (Rp 10.000) disajikan bersama nasi hangat.

Porsinya royal dengan rasa bumbu yang berani untuk tiap jenis lauknya. Menyantap makanan Manado ini makin nikmat dengan pelengkap sambal dabu-dabu.

Masakan Manado Halal hingga Roti Srikaya Enak Ada di ITC KuninganSeporsi nasi dengan lauk pauk khas Manado plus sambal dabu-dabu Foto: detikfood

Kemudian Payangka 77 Ambas juga membuka kios jajanan Manado di seberangnya. Bernama Payangka Pisang Roa, kios ini menjual pisang goreng plus sambal roa dan panada sebagai menu utamanya.

Pisang goreng dibanderol Rp 7 ribu per buah. Balutan pisang kepok dengan tepung ini memiliki dominasi rasa asin sehingga cocok dicocol ke sambal roa yang pedasnya nendang.

Masakan Manado Halal hingga Roti Srikaya Enak Ada di ITC KuninganPisang goreng sambal roa khas Manado juga bisa dicicipi di ITC Kuningan Foto: detikfood

Melipir sedikit ke arah ujung jembatan, kami menemukan Roti Srikaya Ajung yang ramai peminat. Kios ini menjual roti srikaya kukus, goreng, panggang, kukus pandan, dan panggang pandan.

Harga per buahnya Rp 4 ribu. Tekstur roti kukusnya lembut dan padat. Sementara isian srikayanya royal dengan rasa manis lembut yang tak bikin eneg.

Masakan Manado Halal hingga Roti Srikaya Enak Ada di ITC KuninganRoti kukus srikaya buatan Roti Srikaya Ajung punya banyak peminat di ITC Kuningan Foto: detikfood

Oh ya, selain dua makanan ini, di jembatan antara ITC Kuningan-Mal Ambasador juga tersedia banyak penjual makanan enak lain. Misalnya Kedai Kopi & Gorengan Pak Dhe, Masakan Khas Sunda Ayam Nyeresep, hingga Mie Ayam Chikoh.

Lalu kamu juga bisa menemukan ragam jajanan enak dan kekinian di Food District yang berada di area Mal Ambasador. Konsepnya seperti food court dengan tempat bersantap yang juga nyaman.



Simak Video "Berburu Jajanan Enak di ITC Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com