Makan Enak di Pusat Grosir

Penjualnya Cetar, Kantin Ie Suan Jual Jajanan Pontianak Enak di ITC Mangga Dua

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 15:00 WIB
Penjualnya Cetar, Kantin Ie Suan Jual Jajanan Pontianak Enak di ITC Mangga Dua Foto: detikfood
Jakarta -

Di ITC Mangga Dua ada kantin jajanan Pontianak yang viral di media sosial. Selain karena sosok penjualnya yang cetar, kantin ini juga terkenal karena menyediakan lebih dari 60 jajanan enak. Apa saja ya pilihannya?

Jalan-jalan ke Mangga Dua bukan hanya bisa beli baju, tas, atau barang fashion saja, melainkan juga kulineran. Ada banyak spot makan enak di ITC yang berdiri sejak 1989 ini.

Salah satu yang paling terkenal karena viral di media sosial adalah Kantin Ie Suan. Kantin ini dikelola oleh Ie Suan, sosok wanita yang Pontianak yang hobi dandan cetar saat melayani pembeli.

Ia biasanya mengenakan baju berwarna terang, lengkap dengan aksesoris seperti rambut palsu dan bulu mata tebal yang membuat tampilannya semakin heboh. Ie suan juga tak segan berbincang saat melayani pembeli.

Sayangnya saat detikfood mampir (19/1/2022), Ie Suan sedang tidak ada di tempat. Kami malah bertemu dengan Ko Aheng, suami Ie Suan yang ternyata tak kalah cetar. Ia terlihat ikut mengawasi operasional kantin yang beralamat di lantai 4 Blok BG/C Nomor 18 ini.

Berawal dari jualan asinan

Penjualnya Cetar, Kantin Ie Suan Jual Jajanan Pontianak Enak di ITC Mangga DuaKo Aheng, suami Ie Suan menceritakan awal kisah berdirinya Kantin Ie Suan di ITC Mangga Dua Foto: detikfood

Menggunakan perhiasan serba batu akik, Ko Aheng bercerita banyak soal bisnis kuliner istrinya ini. Semua bermula dari 10 tahun lalu, saat ia dan sang istri membuka kedai jajanan di ITC Mangga Dua, namun bukan di lokasi sekarang.

"Awal berdirinya nggak langsung begini ya. Awalnya jual asinan dulu, dari asinan mangga, asinan pepaya, asinan kedondong. Kita lihat profitnya bagus, (baru) kita buka kantin," kata Ko Aheng mengawali cerita.

Sang istri, Ie Suan kemudian fokus menjajakan jajanan dan makanan khas Pontianak. Makanan ini disebut Ko Aheng 'jadul', namun tak lekang oleh waktu.

"Makanan Pontianak, kayak orang-orang dulu punya makanan. Kayak kue bugis, kue wajik, dan kue talam. Kita bikin nggak cuma kue-kue tradisional, (sekarang) semuanya ada. Gohyong ada, siomay ada," ujar Ko Aheng yang mengatakan penambahan menu ini merupakan caranya mengikuti selera pasar.

Ada lebih dari 60 jenis makanan

Penjualnya Cetar, Kantin Ie Suan Jual Jajanan Pontianak Enak di ITC Mangga DuaKantin Ie Suan menawarkan sekitar 60 jenis makanan berbeda, dengan menu unggulan makanan khas Pontianak Foto: detikfood

Di Kantin Ie Suan kini setidaknya ada sekitar 60 jenis makanan. Sebanyak 80% dari jumlah tersebut dibuat sendiri oleh Ie Suan, sedangkan sisanya merupakan barang dagangan yang dititip oleh penjual lain.

Vina, anak Ko Aheng dan Ie Suan yang ikut mengelola kantin keluarga ini mengatakan, "Kalau menu yang bikin itu kayak choipan, bihun, lontong, siomay, bakso, bakwan, dan lain-lain. Contoh titipannya kayak kue bolu."

Selain jajanan, Kantin Ie Suan juga menawarkan makanan 'berat' seperti mie ayam, mie kangkung, nasi bakar, dan pempek. Kisaran harganya mulai dari Rp 10 ribu-50 ribu.

Rekomendasi menu jajanan khas Pontianak di Kantin Ie Suan ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cetar! Ibu Kantin ITC Mangga Dua Ini Jualan Pakai Bulu Mata 'Anti Badai'"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com