7 Makanan Khas Yogyakarta yang Enaknya Bikin Nagih

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 17:01 WIB
Mangut Lele Mbah Marto Foto: dok. detikFood/Hanifah Ludfiana
Jakarta -

Yogyakarta memiliki beragam kuliner enak dan bikin nagih. Jangan lewatkan untuk mencoba mangut lele hingga rujak es krim yang menyegarkan. Ini daftarnya!

Kota Yogyakarta menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Selain menawarkan tempat wisata bersejarah, Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang enak. Dari yang tradisional hingga kekinian.

Tak melulu gudeg, tapi ada banyak makanan khas Yogyakarta lainnya yang bisa kamu coba. Seperti mangut lele, oseng mercon, brongkos, hingga rujak es krim yang menyegarkan.

Berikut 7 makanan khas Yogyakarta yang populer.

1. Mangut Lele

Mangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di YogyakartaMangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di Yogyakarta Foto: detikcom/Riska Fitria

Mangut lele merupakan olahan ikan lele asap khas Yogyakarta yang rasanya gurih pedas. Salah satu tempat makan mangut lele terkenal adalah racikannya Mbah Marto.

Kamu bisa berkunjung ke Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul untuk mencicipi sedapnya mangut lele racikan Mbah Marto. Harga seporsi mangut lele juga cukup terjangkau, dengan Rp 25.000 kamu sudah bisa kenyang.

2. Oseng Mercon

Kuliner pedas lainnya yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Yogyakarta adalah oseng mercon. Walau pedas, rasa oseng mercon bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Oseng Mercon Bu Narti salah satu tempat makan yang paling populer di Yogyakarta. Seporsi nasi dengan oseng mercon bisa dinikmati dengan harga Rp 28.000. Pecinta pedas pasti tak akan menyesal makan di sini.

3. Brongkos

Makanan khas Yogyakrta, Brongkos hingga Rujak Es KrimBrongkos khas Yogyakarta yang lezatnya nagih. Foto: Instagram @ny.rempong

Brongkos juga wajib dicoba saat sedang berada di Yogyakarta. Olahan daging dan campuran kacang tolo ini dimasak menggunakan bumbu kluwak. Cita rasanya gurih manis, paling pas dinikmati bersama nasi hangat.

Kamu bisa mencicipi brongkos di Warung Brongkos Handayani. Seporsinya dibanderol haga mulai dari Rp 16.000 - Rp 37.000. Ada yang isian telur, koyor, maupun komplet.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com