Misinya Mulia! Snack Ini Dikemas oleh Narapidana hingga Mantan Pecandu Narkoba

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 08:00 WIB
Misinya Mulia! Snack Ini Dikemas oleh Narapidana hingga Mantan Pecandu Narkoba Foto: Boxgreen via Mothership SG
Jakarta -

Produksi snack sehat ini bukan hanya untuk mencari keuntungan, melainkan juga membawa misi mulia di baliknya. Produsennya sengaja melibatkan para narapidana untuk mengemas snack.

Seiring meningkatnya kesadaran akan hidup sehat, banyak orang kini memilih mengonsumsi makanan sehat. Bukan hanya makanan utama, melainkan juga camilan.

Hal inilah yang dilihat sebagai peluang oleh para produsen snack sehat. Mereka berlomba-lomba membuat produk yang lebih sehat seperti rendah sodium, tanpa bahan pengawet, ataupun tidak dibuat dengan pewarna dan perasa buatan.

Salah satu produsen snack sehat di Singapura adalah Boxgreen. Mereka menghadirkan camilan dengan konsep vegan, bebas kacang, dan bebas gluten.

Snack ini bahkan disajikan dalam pilihan paket yang lebih praktis dan hemat. Paket bernama Build Your Own Gift dibanderol mulai dari SGD 29.90 hingga 32.90 atau sekitar Rp 318 ribu hingga Rp 350 ribu isi 12 kemasan.

Misinya Mulia! Snack Ini Dikemas oleh Narapidana hingga Mantan Pecandu NarkobaRagam pilihan camilan sehat yang ditawarkan Boxgreen Foto: Boxgreen via Mothership SG

Beberapa pilihannya adalah Coffee Almond Biscotti with Red Quinoa, Umami Shiitake Mushroom Chips, Peanut Pretzel Dark Chocolate, hingga Mexican Rice Crackers with Baked Cashews. Lalu ada juga selai kacang dalam stoples yang dijamin natural dan sehat karena bebas minyak sawit.

Di balik rasanya yang enak dan manfaat sehatnya yang tinggi, snack buatan Boxgreen ini ternyata dibuat dengan misi mulia. Proses produksinya melibatkan para narapidana di penjara yang tergabung dalam Yellow Ribbon Project.

Para narapidana ini dipekerjakan agar keterampilan dan kemampuan kerja mereka terlatih. Salah satu lokasi penjaranya adalah Penjara Changi.

Ada lebih dari 50 narapidana yang terlibat dalam proyek ini. Lalu ada juga mantan pecandu narkoba, pengungsi, ibu tunggal, dan orang-orang dengan kebutuhan khusus.

Menariknya, Boxgreen tetap mempertahankan mereka sebagai pegawai meski dihantam kerugian akibat pandemi Covid-19. "Tidak mungkin kami membiarkan mereka tenggelam atau berenang," kata salah satu pendiri Boxgreen, Walter Oh dalam sebuah wawancara video tahun lalu.

Misinya Mulia! Snack Ini Dikemas oleh Narapidana hingga Mantan Pecandu NarkobaTak sekadar menghadirkan camilan sehat, Boxgreen juga memberdayakan narapidana hingga mantan pecandu narkoba dalam proses produksinya Foto: Boxgreen via Mothership SG

Mengutip Mothership SG (18/1/2022), Boxgreen berhasil terhindar dari bangkrut karena mampu meningkatkan 'cash flow' dengan pinjaman dari DBS. Pinjaman dari bank ini bahkan turut mendukung perusahaan dalam memperluas operasional mereka ketika penjualan meningkat selama masa pembatasan alias Circuit Breaker.

Terbaru, untuk Imlek tahun ini, Boxgreen bekerja sama dengan Rays of Hope, sekelompok sukarelawan yang membagikan makanan kepada warga perkebunan York Hill di Tiong Bahru. Banyak di antaranya adalah penduduk lanjut usia yang tinggal sendiri.

Nantinya keuntungan dari penjualan produk-produk tema Imlek mereka bakal diberikan pada warga York Hill. Beberapa Imlek Boxgreen adalah Peanut Pretzel Dark Chocolate, Sriracha Multigrain Crackers with Peanut and Beans, serta Mexican Rice Crackers with Baked Cashews.



Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya