Viral Belatung dalam Vagina, Ini Efek dan Manfaat Makan Belatung

ADVERTISEMENT

Viral Belatung dalam Vagina, Ini Efek dan Manfaat Makan Belatung

Devi Setya - detikFood
Selasa, 18 Jan 2022 15:30 WIB
Viral Belatung dalam Vagina, Ini Efek dan Manfaat Makan Belatung
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong

4. Sengaja makan belatung


Saat ini banyak orang di negara-negara di luar Eropa dan Amerika Utara memakan serangga. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada hampir 2.000 spesies serangga yang dapat dimakan. Selain serangga, telur dan larva spesies tertentu dapat dimakan, termasuk belatung.

Salah satunya Casu marzu yakni keju tradisional asal Sardinia yang mengandung ribuan belatung. Proses pembuatan keju ini memang melibatkan lalat yang dibiarkan masuk dan bertelur dalam keju. Selama beberapa bulan, larva memakan keju yang membusuk. Kotoran dari larva memberi keju rasa yang unik dan tajam.

Karena risiko kesehatan dari memakan belatung hidup, Otoritas Keamanan Makanan Eropa melarang penjualan casu marzu. Namun, sejumlah kecil pembuat keju di Sardinia terus membuat keju untuk konsumsi pribadi.

Viral Belatung dalam Vagina, Ini Efek dan Manfaat Makan BelatungUlat atau belatung yang sudah diolah jadi makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong

5. Manfaat makan belatung

Belatung mengandung protein dan lemak yang sangat tinggi. Inilah yang menjadikan belatung diklaim bisa dikonsumsi sebagai alternatif makanan tinggi nutrisi. Para ilmuwan saat ini sedang meneliti untuk memelihara, memanen, dan memproses belatung black soldier fly untuk dikonsumsi manusia.

Para ilmuwan menyarankan untuk melakukan proses pemasakan dan pengeringan belatung untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri. Namun hingga saat ini, tidak ada jaminan cara aman mengonsumsi belatung tanpa risiko.



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT