Inspiratif! Guru Ini Borong Seblak Demi Memotivasi Muridnya Belajar

Riska Fitria - detikFood Senin, 17 Jan 2022 16:00 WIB
Guru borong seblak untuk muridnya Foto: TikTok @gurusantuy
Jakarta -

Ingin memberi motivasi dan semangat siswa dalam belajar, guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini memborong seblak untuk dibagikan ke anak-anak muridnya.

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Seorang guru akan rela melakukan hal apapun demi membuat muridnya tumbuh dan berkembang hingga menjadi anak yang sukses di masa depan.

Guru yang baik adalah guru yang selalu menghargai proses belajar muridnya. Tak jarang, seorang guru memberikan penghargaan kepada murid atas perkembangan dalam proses belajar.

Seperti yang dilakukan oleh Labibah Musfiroh, seorang guru honorer di SMP Negeri 163 Jakarta. Labibah memborong seblak untuk muridnya sebagai bentuk motivasi belajar.

Baca Juga: Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia

Guru borong seblak untuk muridnyaSeblak yang akan diberikan untuk murid yang sudah menyelesaikan tugas Foto: TikTok @gurusantuy

Videonya saat ingin membagikan seblak kepada murid pun viral setelah diunggah di akun TikTok miliknya @gurusantuy (15/01/22). Di video itu, ia mengatakan akan memberikan seblak kepada murid yang sudah menyelesaikan tugas.

"Ayo yang udah selesai dapet seblak ya," ujarnya dalam video.

Kepada detikcom (17/01/22) Labibah menyebutkan bahwa pemberian seblak itu sebagai bentuk motivasi agar murid-muridnya selalu semangat dalam belajar.

"Kalau hadiah itu reward ya buat anak dan itu jadi salah satu metode buat memotivasi siswa. Karena setiap siswa punya cara pendekatan yang berbeda-beda," ujarnya.

Baca Juga: Guru Ini Antar Ribuan Makanan untuk Muridnya Sampai Lututnya Cedera

Guru borong seblak untuk muridnyaMurid-murid yang sedang menyelesaikan tugas dari guru Foto: TikTok @gurusantuy

Labibah menceritakan bahwa muridnya di kelas 8, tempat ia mengajar mengalami peningkatan yang cukup baik dalam belajar selama 1 semester, baik dalam segi akademis, sikap dan semangat belajarnya.

"Kan saya mengajar di kelas 8, nah dari kelas 7 itu saya amati memang nilai mengalami peningkatan banget. Pastinya saya juga senang kalau anak sudah mulai semangat dan suka belajar," tuturnya.

Dipilihnya seblak sebagai hadiah itu juga berdasarkan permintaan dari murid-muridnya. Saat ditanya mau hadiah apa, para muridnya kompak menginginkan seblak.

Muridnya tersebut juga menyarankan untuk membeli seblak di pedagang dekat sekolahan. Hal tersebut juga sekaligus membantu pedagang kecil, sehingga saling menguntungkan.

Guru borong seblak untuk muridnyaSeblaknya diborong dari pedagang dekat sekolahan Foto: TikTok @gurusantuy

Labibah mengaku tak menyangka bahwa videonya saat hendak membagikan seblak itu menjadi viral dan mendapatkan respon yang positif dari netizen.

"The real seorang guru nih kayak gini, bukan seblaknya sih tapi apresiasi yang diberikan itu bisa bikin muridnya jauh lebih berkembang," tulis netizen.

"Enak banget gurunya seru, gak bikin deg-degan. Jujur gue kalau diajarin sama guru killer bukannya pinter malah stres. Kena mental," tulis netizen lainnya.

Labibah sendiri telah bekerja sebagai guru sejak tahun 2015. Sementara menjadi guru honorer di SMP Negeri 163 Jakarta selama 3 tahun. Sebelumnya, ia pernah mengajar di sekolah swasta selama 4 tahun.

@gurusantuy Nyeblak dulu.. #gurusantuy #GlowToBeDifferent ♬ bunyi asal - 𝐊𝐇𝐀𝐈 || 𝐏𝐫𝐞𝐬𝐞𝐭🎟️ - 𝘼𝙉𝘽𝙐 • خيرول🧸

Baca Juga: Makan 'Sampah' Supermarket, Guru Ini Hemat Rp 13 Juta dalam 2 Bulan



Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com