Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 11:00 WIB
Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia Foto: MalayMail/Hanif Asyraf
Jakarta -

Meski baru merintis usaha warung makan kecil-kecilan. Remaja ini rajin berikan makanan gratis ke orang-orang yang membutuhkan, terutama lansia.

Seorang remaja bernama Muhammad Hanif Asyraf Mohammad Ali, sukses membuat netizen kagum dengan ketulusan hatinya.

Baca Juga: Inspiratif! Pria Ini Dirikan Rumah Makan Gratis untuk Menolong Sesama

Remaja yang baru berusia 19 tahun ini, diketahui baru saja membuka warung ayam panggang yang masih berusia hitungan minggu.

Dilansir dari MalayMail (13/04), Hanif yang tinggal di Kota Bharu, Kelantan, memiliki tujuan yang mulia saat mendirikan Ayam Golek. Warung makan miliknya.

Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke LansiaMulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia Foto: MalayMail/Hanif Asyraf

Ia selalu bermimpi untuk bisa membagikan sedikit keuntungannya ke orang-orang yang membutuhkan. Untuk mempromosikan warung makannya, Hanif rajin mengunggah video dirinya membuat ayam panggang di TikTok.

Tapi yang menarik perhatian netizen justru video-video Hanif saat tengah menyuapi seorang nenek yang ada di depan warungnya. Dengan sabar, ia terlihat menyuapi seorang nenek dengan ayam panggang dan nasi buatannya.

"Saya bertemu dengan nenek ini ketika beliau sedang duduk di trotoar yang ada di depan bank. Saya rasa usianya sekitar 70 tahun. Saya tanya apakah dia sudah makan siang atau belum, dijawab belum. Jadi saya datang untuk membawakannya makanan gratis, sekaligus membagikan makanan ini ke penjual buah di sekitar warung," ungkap Hanif.

Hanif mengaku bahwa dia paling tidak tega melihat orang lansia (lanjut usia). Karena selalu mengingatkannya kepada neneknya di rumah, yang sering ia suapi ketika makan.

Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke LansiaMulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia Foto: MalayMail/Hanif Asyraf

Tersentuh dengan kebaikan Hanif, nenek ini sempat menangis saat disuapi makanan. Meski dalam kekurangan sang nenek tetap membagikan makanan yang ia punya ke beberapa kucing jalanan di sana.

Banyak netizen yang mendoakan Hanif agar warung ayam panggangnya ramai. Banyak juga yang memuji kebaikan serta ketulusan hati remaja ini.

"Semoga Warung Golek selalu laris, agar kamu bisa menolong lebih banyak orang. Saya tersentuh melihat kebaikanmu," puji salah satu netizen.

"Biasanya anak muda jaman sekarang tidak terlalu peduli dengan lingkungan sekitar. Salut saya. Kamu selalu membantu orang-orang semampumu," komen netizen.

Mulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke LansiaMulia! Buka Warung Ayam, Remaja Ini Berikan Makanan Gratis ke Lansia Foto: MalayMail/Hanif Asyraf

"Apakah kamu membuka donasi? Saya ingin menyumbang sedikit rezeki untuk membantu sang nenek," tanya salah satu netizen.

Hanif menaggapi dengan mengatakan bahwa dia berterima kasih untuk semua dukungan yang masuk. Tapi sekarang dia tidak membuka donasi, karena menurutnya itu tanggung jawab yang sangat besar.

Ia lebih suka memberi tahu pembeli ayam panggangnya, bahwa sebagian keuntungan dari warung makannya akan disumbangkan untuk amal. Hanif berharap bahwa ia bisa menginspirasi banyak orang untuk melakukan kebaikan yang sama di masa depan.

Tak hanya Hanif, di Indonesia banyak orang baik yang membuka warung makan gratis hingga bayar seikhlasnya. Seperti warung makan di Jember, di mana orang-orang bisa makan sepuasnya dan membayar semampu mereka.

Baca Juga: Boleh Bayar Seikhlasnya, Warung Makan Ini Bikin Netizen Terharu



Simak Video "Fenomena BTS Meal di Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com