ADVERTISEMENT

Tips Mudah Hilangkan Noda Kopi dan Teh Pada Cangkir Keramik

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 15 Jan 2022 08:00 WIB
Cara menghilangkan noda kopi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika
Jakarta -

Kesal karena cangkir di rumah kotor dengan noda teh dan kopi? Tak perlu khawatir, ada tips mudah menghilangkan noda bekas kopi dan teh. Cangkir pun kembali bersih dan kinclong.

Secangkir kopi atau teh hangat memang nikmat diseruput pagi atau sore hari. Dua minuman ini juga kerap jadi menu sarapan sebelum memulai aktivitas. Selain rasanya yang nikmat, kopi dan teh juga memberi manfaat untuk kesehatan.

Namun sayangnya kopi dan teh ini terkadang meninggalkan noda berwarna kecoklatan pada cangkir keramik. Noda ini tidak bisa hilang begitu saja saat dicuci menggunakan sabun cuci piring. Noda bahkan semakin pekat saat kamu makin sering menyeduh kopi atau teh dalam cangkir tersebut.

Cara menghilangkan noda kopiCara menghilangkan noda kopi dengan menggunakan soda kue Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika

Dilansir dari Express (14/1) noda cokelat yang melekat pada cangkir ini disebabkan oleh tanin atau asam tanat. Zat ini terkandung dalam kopi dan teh sebagai zat pewarna alami. Tanin tidaklah berbahaya bagi tubuh namun zat inilah yang meninggalkan noda pada cangkir ataupun gigi.

Hampir semua jenis teh, baik teh hitam, teh hijau maupun teh herbal mengandung tanin yang bisa menyebabkan warna kecokelatan pada gelas. Demikian pula pada gigi, tak heran kalau banyak pencinta teh yang memiliki gigi agak kekuningan.

Hal yang sama juga berlaku pada kopi. Sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan noda cokelat pada cangkir, cukup mengandalkan bubuk soda kue.

Soda kue atau baking soda mudah ditemukan di pasaran dan harganya terjangkau. Penggunaan soda kue juga sangat mudah dan sama sekali tidak berbahaya. Soda kue terbuat dari natrium karbonat, memiliki bentuk bubuk berwarna putih dan tidak berbau.

Ketika dilarutkan dalam air, kristal soda kue ini membentuk larutan basa yang sangat bagus untuk menghilangkan noda maupun lemak. Gunakan air panas untuk melarutkan soda kue lalu rendam cangkir selama setengah jam. Gosok perlahan dengan sikat cuci piring.

Cara menghilangkan noda kopiCangkir dengan noda kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika

Bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya. Cangkir akan bersih putih seperti baru. Cara ini juga bisa diterapkan untuk membersihkan teko, sendok ataupun piring yang terkena noda bekas kopi dan teh.

Selain noda bekas kopi dan teh, soda kue juga bisa diandalkan untuk membersihkan noda pada alat masak lainnya. Panci atau wajan yang berkerak karena sisa makanan pun bisa kembali bersih dengan bahan ini.

Cukup taburkan sedikit soda kue pada bagian panci dan wajan yang kotor. Diamkan beberapa jam, lalu gosok dan bersihkan dengan sabun. Panci dan wajan kinclong pun siap digunakan kembali untuk memasak.



Simak Video "Resep Lasagna Cangkir"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT