7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 13:00 WIB
7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu mendapati peralatan memasak bau amis setelah dipakai meracik daging? Tenang saja, aroma amis itu dapat dihilangkan secara alami dengan bahan makanan dan minuman ini.

Dalam momen Idul Adha pasti setiap rumah tangga mendapat daging kurban untuk dimasak. Untuk meraciknya tentu saja memerlukan beberapa perkakas penting, mulai dari pisau, garpu, baskom, panci, talenan dan lainnya.

Alhasil alat-alat masak tersebut menjadi bau amis dari daging. Meski telah dicuci dengan air, aroma amis itu tetap saja menempel di permukaan peralatan memasak.

Agar bau amis itu benar-benar hilang, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan makanan dan minuman ini sebagai pembersih. Cara menggunakannya juga mudah, cukup rendam dengan campuran bahan makanan tersebut.

Dilansir dari Times of India (23/04/19) berikut 7 cara alami hilangkan bau amis pada alat masak:


1. Kopi

7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak Foto: iStock

Kopi bubuk sering dimanfaatkan untuk mengatasi aroma yang tak sedap. Salah satunya dapat menghilangkan aroma amis karena daging yang menempel di peralatan masak.

Seperti pisau, baskom, talenan dan lainnya. Cara menggunakannya mudah, yakni dengan merendam peralatan masak dengan campuran kopi bubuk dan air panas.

Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu cuci bersih alat masak dengan sabun pencuci piring dan bulang hingga bersih.

Baca Juga: Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak

2. Kentang

Kentang juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan segala jenis bau tak sedap. Cara menghilangkan bau amis daging pada alat masak menggunakan kentang sangat mudah.

Pertama siapkan kentang. Kemudian potong kentang tersebut menjadi beberapa irisan tebal. Taburi sedikit garam di kedua sisi kentangnya.

Lalu tempatnya kentang yang sudah diiris tersebut di alat masak yang berbau. Diamkan selama 10 hingga 15 menit baru kemudian bilas dengan air bersih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com