Bukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan Kinclong

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 13 Nov 2021 07:00 WIB
Bukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan Kinclong Foto: Getty Images/iStockphoto/robertprzybysz
Jakarta -

Akhir pekan mau beberes dapur? Kalau mau mencuci-cuci koleksi piring, coba gunakan bahan alami ini agar hasilnya bersih dan kinclong. Apa saja ya bahannya?

Dapur dan seluruh isinya perlu mendapat perhatian penuh, termasuk dibersihkan secara teratur. Bukan hanya alat-alat elektronik saja, melainkan juga barang-barang pecah belah yang ada di dapur.

Terlebih jika kamu adalah pengoleksi piring, mangkuk, gelas, atau wadah keramik lainnya, maka barang-barang ini juga perlu dibersihkan. Cara membersihkannya tak sekadar mencuci dengan sabun cuci piring.

Ada cara efektif membersihkan piring tanpa bahan kimia. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur. Mulai dari baking soda sampai lemon, berikut bahan alami yang bikin piring kinclong:

1. Soda Kue

Soda kue seolah jadi bahan ajaib untuk urusan membersihkan barang, termasuk piring. Campurkan dua sendok makan (sdm) soda kuedengan 2 sdm air untuk membuat pasta. Gosokkan campuran ini ke piring dan diamkan sekitar 30 menit.

Proses ini memungkinkan soda kur melarutkan semua noda-noda yang menempel di piring keramik. Terakhir, cuci bersih piring dengan sabun cuci piring dan keringkan dengan lap bersih.

2. Susu

Bukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan KinclongBukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan Kinclong Foto: Getty Images/iStockphoto/robertprzybysz

Siapa sangka susu bisa menjadi bahan alami yang bikin piring kinclong? Caranya mudah, kamu hanya perlu menuangkan susu hangat ke dalam wadah besar berisi piring yang ingin dibersihkan. Rendam piring dengan susu semalaman.

Keesokan harinya, keluarkan piring, cuci dengan sabun cuci piring, dan lap menggunakan lap handuk. Susu dalam hal ini bersifat sebagai pembersih alami yang menakjubkan sehingga bisa membuat piring kamu terlihat bersinar seperti baru.

3. Cuka

Selain baking soda, cuka juga kerap diandalkan sebagai bahan pembersih alami karena cuka juga bisa menghilangkan noda. Coba campurkan cuka dengan garam sebagai bahan pembersih piring.

Caranya mudah, dalam mangkuk besar, masukkan 1 cangkir air hangat, 4 sdm cuka, 2 sdm garam, dan campur rata. Celupkan lap ke dalam laurtan ini kemudian gunakan untuk membersihkan piring. Diamkan selama satu jam, kemudian cuci dengan sabun cuci piring dan air hangat. Hasilnya, piring benar-benar kinclong!

4. Lemon

Bukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan KinclongBukan Sabun Cuci Piring, 4 Bahan Alami Ini Bikin Piring Bersih dan Kinclong Foto: Getty Images/iStockphoto/robertprzybysz

Satu lagi bahan alami yang bisa bikin piring kamu bersih dan kinclong. Lemon adalah asam alami yang ampuh menyingkirkan kotoran. Jika kamu sangat berhati-hati dengan piring yang mau dibersihkan, maka lemon adalah jawaban yang tepat.

Caranya, tuang 2 cangkir besar air panas ke dalam wadah besar. Tambahkan perasan air dari 2-3 lemon. Rendam piring yang ingin dibersihkan dalam larutan ini selama 20-30 menit. Setelah itu, gosok perlahan piring dengan kulit lemon. Terakhir bilas dengan air hangat. Bersihkan menggunakan lap dapur dan piringpun bakal terlihat seperti baru.



Simak Video "Pakai Belimbing Wuluh, Cuci Piring Jadi Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com