5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Sep 2021 15:00 WIB
5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock
Jakarta -

Baking soda dikenal sebagai bahan pembersih yang paling ampuh untuk menghilangkan noda. Tetapi lima peralatan dapur ini justru bisa cepat rusak jika terkena baking soda.

Selain digunakan sebagai campuran untuk bahan pengembang kue, baking soda juga sering digunakan untuk membersihkan peralatan di rumah. Senyawa yang terdapat dalam baking soda dikatakan ampuh untuk menghilangkan noda yang melekat pada permukaan benda-benda di rumah,
terutama di dapur.

Ternyata beberapa benda yang terbuat dengan bahan tertentu justru bisa cepat rusak jika dibersihkan menggunakan baking soda. Beberapa material dasar peralatan di rumah ternyata tidak cukup kuat lapisannya untuk menahan reaksi dari senyawa yang dimiliki oleh baking soda.

Terlebih jika dicampurkan dengan beberapa bahan tertentu, baking soda juga bisa membersihkan noda dengan lebih kuat dan lebih cepat. Reaksi dari baking soda inilah yang dikhawatirkan dapat mengikis lapisan demi lapisan beberapa material tertentu dan membuatnya cepat rapuh dan mudah rusak.

Berikut ini 5 peralatan dapur yang tak boleh dibersihkan dengan baking soda menurut Reader's Digest (2/9):

5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock

1. Wadah Kaca

Walaupun memiliki kekuatan yang ekstra untuk merontokkan noda, baking soda tidak cukup baik untuk menjaga kualitas kebersihan wadah yang terbuat dari kaca maupun peralatan yang menggunakan bahan kaca lainnya. Penggunaan baking soda untuk membersihkan kaca dinilai justru dapat menyebabkan goresan halus yang membuat permukaan pada wadah kaca tidak lagi mulus dan akan mudah rusak karena terkikis.

Jika ingin membersihkan permukaan kaca pada peralatan dapur, Marcos Franco dari Mighty Clean Home, menyarankan untuk cukup menggunakan cuka saja agar permukaan wadah kaca tak cepat rusak. Kandungan asam yang dimiliki cuka akan cukup untuk merontokkan noda yang menempel pada wadah kaca atau permukaan kaca lainnya tanpa harus merusak lapisannya akibat reaksi senyawa yang terkandung di dalamnya.

"Baking soda merupakan pembersih yang sifatnya cukup abrasif, penggunaan baking soda pada material kaca kan membuatnya mudah tergores. Baking soda sangat mungkin akan menggores cermin atau kaca jika digunakan untuk membersihkan peralatan di rumah," kata Franco.

Baca juga: 5 Tips Bersihkan Alat Dapur yang Viral diTikTok, Berguna Banget!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com