Hanya 40 Detik, Begini Cara Bikin Poached Egg dalam Cangkir

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 10:30 WIB
Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam Cangkir Foto: iStock
Jakarta -

Ada resep poached egg di TikTok yang sangat praktis. Hanya memerlukan waktu 40 detik, kamu bisa menikmati poached egg sebagai menu sarapan ala Barat.

Poached egg merupakan kreasi telur rebus tanpa cangkang yang bagian kuning telurnya masih setengah matang. Untuk membuat poached egg biasanya direbus dalam air mendidih selama 3,5 menit agar hasilnya sempurna.

Biasanya poached egg dinikmati sebagai menu sarapan ala Barat, seperti egg benedict. Disantap bersama sepotong roti panggang juga terasa nikmat dan menjadi paduan yang mengenyangkan.

Chef yang populer di TikTok dengan akun @caughtsnackin memiliki tutorial membuat poached egg yang mudah dilakukan. Bahkan, ia hanya membutuhkan alat cangkir untuk membuatnya.

Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam CangkirChef TikTok membagikan tutorial membuat poached egg yang mudah menggunakan cangkir. Foto: TikTok @caughtsnackin

"Cara membuat poached egg paling mudah!" tulisnya dalam keterangan unggahan video (28/12).

Baca Juga: Ini 5 Lalapan Penurun Kolesterol yang Murah Meriah

Dalam videonya, chef TikTok itu mempraktekkan bagaimana ia membuat poached egg sempurna yang sangat mudah. Bahan yang diperlukan adalah sebutir telur, 1 sdt cuka, air panas, dan cangkir kecil.

Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam CangkirLangkah membuat poached egg dalam cangkir ini dengan menuangkan telur ke dalam air panas yang telah diberikan cuka. Foto: TikTok @caughtsnackin

Chef TikTok ini menuangkan air panas ke dalam cangkir. Kemudian, ia menambahkan satu sendok teh cuka ke dalam air panas itu.

Lalu, sebutir telur langsung dipecahkan ke dalam cangkir berisikan racikan air cuka. Setelah semuanya siap, cangkir berisikan telur itu dipanaskan dalam microwave selama 40 detik.

Baca Juga: Sakit Perut Usai Minum Kopi? Inilah Penyebabnya

Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam CangkirSetelah itu telur dipanaskan dalam microwave selama 40 detik dan poached egg siap dihidangkan. Foto: TikTok @caughtsnackin

"Setelah semuanya ada di cangkir, masukkan ke dalam microwave dan panaskan selama 40 detik," ujar chef TikTok @caughtsnackin dalam videonya.

Poached egg yang sempurna dengan bagian kuning telur yang masih setengah matang akhirnya jadi. Chef TikTok ini menyajikannya bersama sepotong roti panggang. Tak lupa ia tambahkan sejumput garam dan merica agar rasanya nikmat.

Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam CangkirPoached egg yang sempurna ini bisa dinikmati bersama roti panggang. Foto: TikTok @caughtsnackin

Video yang memperlihatkan cara membuat poached egg sempurna dengan mudah ini menyita perhatian netizen di TikTok. Sampai saat ini videonya telah ditonton lebih dari 2,9 juta kali.

"Wow itu mudah banget!" komentar netizen.

"Terima kasih tips mudahnya sangat membantu!" sahut netizen lain.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Telur Orak-arik yang Creamy Gurih



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Telur Barendo "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com