Begini Cara Membuat Telur Orak-arik yang Creamy Gurih

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 28 Des 2021 08:00 WIB
Cara Membuat Telur Orak-arik Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Telur orak-arik biasa dinikmati sebagai menu sarapan. Kalau ingin membuat telur orak-arik yang gurih creamy, ada cara dan tips yang perlu diperhatikan.

Menu sarapan berbahan dasar telur memang yang paling praktis karena mudah dibuat. Biasanya berupa telur orak-arik atau scramvled egg yang bisa dinikmati bersama roti panggang.

Cara membuat telur orak-arik sebenarnya sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun, kalau ingin telur orak-arik yang lezat dengan cita rasa gurih creamy, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Cara Membuat Telur Orak-arik Gurih CreamyCara Membuat Telur Orak-arik Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Liburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris Ini Wajib Disinggahi

Dilansir dari Mashed (26/12), channel YouTube Fine Dining Lovers mengunggah sebuah video dan menjelaskan kalau selama ini banyak orang salah dalam membuat telur orak-arik. Karena kebanyakan pasti melelehkan mentega terlebih dahulu saat memasak telur orak-arik.

Padahal telur orak-arik akan memiliki cita rasa yang enak kalau dimasak bersamaan dengan mentega. Jadi, janganlah melelehkan mentega terlebih dahulu.

Langkah pertama yang penting adalah mencampurkan mentega bersama telur. Hal ini akan membuat tekstur telur orak-arik lebih lembut dan fluffly. Berbeda jika melelehkan mentega terlebih dahulu, hasilnya akan lebih kering.

Cara Membuat Telur Orak-arik Gurih CreamyCara Membuat Telur Orak-arik Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto/DNY59

Tak hanya membuat tekstur jauh lebih baik, tapi juga membuat cita rasa yang lebih kaya. "Mentega akan membuat rasa dari telur orak-arik jadi lebih kaya," ungkap YouTuber Fine Dining Lovers.

Baca Juga: 20 Soto Ceker Rp 15.000 Seporsi yang Gurih Hangat Ada di Sini!

Tips yang terpenting adalah mengocok telur yang baik. Hal ini dilakukan agar tekstur dari telur orak-arik tidak begitu kenyal dan tetap creamy.

"Sebaiknya jangan mengocok telur menggunakan whisk atau kocokan kawat melainkan gunakan garpu saja. Karena whisk akan memasukkan udara terlalu banyak dan ini membuat telur menjadi kenyal," ungkap Fine Dining Lovers.

Cara Membuat Telur Orak-arik Gurih CreamyCara Membuat Telur Orak-arik Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto

Setelah mengocok telur dengan tepat, panaskan wajan anti lengket dengan suhu sedang. Setelah itu tuangkan telur dan aduk pelan. Kemudian, tambahkan mentega di atasnya dan aduk bersama. Kamu bisa menambahkan garam dan lada secukupnya untuk rasa yang lebih nikmat. Setelah terlihat membeku angkat telur segera dari api. Telur orak-arik akan tetap basah creamy dan enak.

Baca Juga: Viral! Dokumen Pribadi Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com