Liburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris Ini Wajib Disinggahi

Riska Fitria - detikFood Senin, 27 Des 2021 12:00 WIB
Liburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris  Ini Wajib Disinggahi Foto: Instagram @javafoodie
Jakarta -

Di Yogyakarta ada banyak warung brongkos yang terkenal legendaris dan jadi destinasi wisata kuliner. Bahkan salah satunya ada langganan Sultan Hamengkubowono X.

Tak melulu gudeg, Yogyakarta juga punya kuliner lezat bernama brongkos. Sekilas, brongkos memang terlihat seperti rawon. Kuahnya berwarna hitam pekat karena diracik menggunakan kluwak.

Tekstur kuahnya agak tebal karena dimasak menggunakan santan. Yang membuat brongkos berbeda dengan rawon adalah adanya tambahan kacang tolo dan telur.

Mungkin kamu masih asing mendengar kuliner Jogja yang satu ini. Itu karena memang brongkos jarang ditawarkan di luar daerah Yogyakarta. Dapat dikatakan hanya ditemui di kota pelajar ini.

Berikut 5 warung brongkos di Yogyakarta yang terkenal legendaris:

1. Brongkos Handayani

Liburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris  Ini Wajib DisinggahiLiburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris Ini Wajib Disinggahi Foto: Instagram @javafoodie

WarungBrongkosHandayani merupakan salah satuBrongkos legendaris diJogja.Warungnya sudah berdiri sejak tahun 1975 Dan didirikan pertama kali olehAdiyoUtomo. Awalnyaadio hanya menjual es, lalu ia pun menambah menu sayurbrongkos.

Warung ini menjadi Destinasi kuliner populer karena selain enak rasanya lokasinya juga strategis, yakni di Selatan alun-alun Kidul Jogja. kalau ke sini jangan lupa pesan Brongkos Koyornya yang terdiri dari daging sapi dan tetelan sapi. Tetelan nya tebal sehingga masih ada daging sapi empuk yang menempel di tetelannya.

Sementara untuk Brongkos telur disajikan dengan kacang tolo dan tahu. Kuahnya berwarna coklat dengan rasa Gurih dan ada potongan cabai nya sebagai pelengkap. Seporsinya dibanderol dengan harga sekitar 30.000-an.

Brongkos Handayani
Jalan gading No 2
Patehan, Kraton, Yogjakarta
Telepon: 081392747998
Jam buka: 08.00 - 16.00

Baca Juga: 10 Resep Masakan Jawa Rumahan yang Sederhana dan Sedap

2. Warung Brongkos Bu Rini

Liburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris  Ini Wajib DisinggahiLiburan di Yogyakarta? 5 Warung Brongkos Legendaris Ini Wajib Disinggahi Foto: Instagram @jogjafood

Ada lagi warungbrongkos legendaris diYogjakarta. Namanya warungBrongkos BuRini yang berdiri sejak tahun 1973. WarungBrongkos ini didirikan pertama kali oleh BuRepan, karenanya warung ini dulu dikenal dengan sebutan warungBrongkos BuRepan.

Kuahnya sangat dekat dengan kluwak rasanya gurih, pedas dan ada sedikit aksen rasa manis. Warna kuahnya pun coklat kemerahan dan aroma rempahnya berasa. Seporsi Brongkos di sini berisi Koyor, kacang tolo, tahu dan telur. Koyornya kenyal dengan potongan yang besar-besar.

Selain itu pengunjung juga bisa memesan tambahan seperti perkedel tempe goreng dan lainnya. Warung Brongkos ini ternyata langganan Sultan Hamengkubuwono X. Seporsinya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 13. 000 sampai Rp 20.000-an

Warung Brongkos Bu Rini
Patehan, Krayon, Yogyakarta
Jam buka: 06.00 - 17.30

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Cakalang Rica Suwir Pedas Khas Manado"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com