Filter Kopi Berbahan Keramik Diklaim Lebih Ramah Lingkungan, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 11:00 WIB
Filter kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Baramee Temboonkiat
Jakarta -

Para penggemar kopi tentu tidak asing dengan filter kopi berbahan kertas. Tapi kini ada alat penyaring kopi yang terbuat dari keramik dan diklaim lebih ramah lingkungan.

Seiring berkembangnya zaman, semakin berkembang juga alat dapur untuk meracik makanan dan minuman. Tentu saja alat-alat ini semakin canggih dan memudahkan penggunanya.

Bagi penggemar kopi, filter atau alat penyaring kopi tentu sangat dibutuhkan untuk menyeduh kopi manual dengan teknik V60. Biasanya alat saring kopi ini menggunakan kertas untuk mencegah ampas kopi bercampur dengan cairan.

Dilansir dari Mashed (12/1) meskipun banyak digunakan, namun alat saring kopi berbahan kertas ini diklaim tidak ramah lingkungan. Sebaliknya, ada produk filter kopi berbahan keramik yang dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah.

Berikut ini fakta filter kopi berbahan keramik yang diklaim ramah lingkungan:


1. Dibuat oleh produsen asal Jepang

Filter kopi keramik ini dibuat di Jepang. Produsen filter kopi keramik ini mengklaim bahwa produk mereka dapat digunakan kembali setelah dipakai untuk menyeduh kopi. Dengan demikian filter kopi lebih ramah lingkungan.

Filter kopi keramik berbentuk mangkuk ini terbuat dari bahan yang berpori sehingga memungkinkan air mengalir saat proses penyeduhan dan otomatis memisahkan ampas kopi. Filter kopi keramik ini dibuat Kyuemon, perusahaan keramik asal Jepang yang membuat filter kopi sejak 1980-an.

Produsen keramik asal Jepang ini berbasis di kota Arita, yang terkenal dengan tembikar porselennya selama lebih dari empat abad. Beberapa penggemar kopi di Jepang memilih menggunakan filter keramik ini.

Filter kopiBarista sedang menyeduh kopi menggunakan filter kertas Foto: Getty Images/iStockphoto/Baramee Temboonkiat

2. Filter kopi keramik mulai populer di Amerika

Selain digunakan oleh masyarakat lokal Jepang, filter kopi keramik ini juga banyak didistribusikan ke beberapa negara. Sebuah distributor asal Kanada membawa filter kopi keramik ini ke Amerika Utara pada tahun 2016.

Mulai dari sinilah filter kopi keramik asal Jepang mulai populer di seluruh dunia. Filter kopi keramik ini tidak seperti filter kertas sekali pakai, karena dapat dibersihkan dan digunakan kembali berulang kali.

Selain diklaim bisa menghasilkan seduhan kopi yang nikmat, filter kopi keramik ini juga disebut-sebut lebih ramah lingkungan. Untuk membersihkannya cukup mengalirkan air hingga pori-pori filter keramik ini bersih dari sisa ampas kopi.

Seorang pakar kopi James Hoffmann mengatakan filter kopi keramik ini hanya perlu dibilas dari dalam untuk menghilangkan ampas kopi. Terkadang membutuhkan air panas agar hasilnya bersih maksimal.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com