3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat

Devi Setya - detikFood Minggu, 19 Des 2021 08:00 WIB
3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk
Jakarta -

Secangkir kopi nikmat terbukti bisa membangkitkan semangat. Untuk memperoleh kopi yang enak, kamu bisa membuatnya secara manual tanpa mesin kopi.

Espresso yang nikmat dan harum bisa dibuat di rumah tanpa menggunakan mesin kopi. Dengan secangkir espresso, kamu bisa membuat aneka kreasi kopi seperti latte, mochacinno atau racikan kopi lain sesuai selera.

Banyak orang beranggapan kalau kopi yang enak tergantung dari espresso yang dibuat. Bukan hanya mengandalkan mesin kopi, secangkir espresso nikmat juga bisa dibuat secara manual dengan teknik French press atau Aeropress.

Dilansir dari Insider (18/12) membuat espresso menggunakan mesin kopi memang terlihat simpel dan hasilnya bisa disesuaikan dengan selera. Tetapi bukan berarti kamu harus punya mesin kopi untuk mendapatkan espresso nikmat. Atau datang ke coffee shop setiap hari saat ingin ngopi.

Cary Wong, seorang ahli kopi di Partners Coffee mengatakan espresso didefinisikan sebagai metode penyeduhan untuk membuat kopi. Espresso yang diekstraksi kemudian digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai varian minuman kopi. Beberapa orang juga biasa menikmati espresso langsung.

Berikut beberapa tips dan trik untuk membuat espresso nikmat di rumah:

1. Gunakan teknik French press

3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk


Membuat kopi dengan teknik French press kerap diandalkan pencinta kopi untuk membuat espresso yang harum dan nikmat. Meskipun kopi yang dihasilkan tidak terlalu pekat dan kental tetapi cara ini terbilang efektif untuk membuat espresso nikmat di rumah.

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk membuat espresso dengan teknik French press adalah menggiling biji kopi hingga halus. Lalu tempatkan bubuk kopi ini dalam alat French press. Selanjutnya rebus air lalu tuang sedikit dalam gelas French press dan diamkan selama beberapa saat sampai bubuk kopi terekstraksi sepenuhnya.

Tuangkan sisa air dan tunggu selama empat menit. Setelah empat menit, tekan gelas French press dengan kuat secara perlahan. Tuang kopi ini ke dalam cangkir. Kopi nikmat ini pun bisa langsung dinikmati atau diolah kembali dengan campuran seperti susu, krimer atau cokelat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Dessert Box Alpukat Crumble Wafer Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com