ADVERTISEMENT

Heboh di Korea Utara Ada Gerai KFC, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood
Rabu, 12 Jan 2022 15:30 WIB
Kirim Pesan Unik KFC, Netizen Berhasil Dapatkan 3 Ayam Goreng Paha Atas
Foto: iStock
Jakarta -

Korea Utara terkenal sebagai negara yang punya sistem pemerintahan super ketat. Namun netizen baru saja dihebohkan dengan kabar adanya gerai KFC di Korea Utara.

Di Korea Utara memang ada beberapa restoran yang menawarkan makanan tradisional dan modern namun jumlahnya tak banyak seperti negara lain. Restoran fast food berjaringan internasional bahkan sulit membuka cabang di negara yang dipimpin Kim Jong Un ini.

Namun baru-baru ini warga dihebohkan dengan kabar soal adanya gerai KFC di Korea Utara. Dilansir dari Daily Star (12/1) usut punya usut ternyata KFC yang dimaksud bukanlah Kentucky Fried Chicken atau KFC yang selama ini dikenal di dunia.

Gerai KFC di Korea UtaraTampilan restoran ayam goreng ala KFC di Korea Utara Foto: Koryo Group

KFC ala masyarakat Korea Utara adalah sebutan untuk sebuah restoran spesialis ayam goreng. Restoran ini bukanlah resto baru karena sudah beroperasi sejak 2008.

Dilansir dari KoryoGroup (12/1) restoran ayam goreng ini memiliki nama Chicken Specialised Restaurant namun oleh penduduk lokal, restoran ini dikenal dengan sebutan KFC. Berlokasi di tengah ibu kota, KFC ala Korut ini cukup dikenal dan punya banyak pelanggan.

Restoran ayam goreng ini menempati bangunan satu lantai. Pada bagian depan restoran tidak ada sama sekali gambar ayam goreng atau makanan lain. Hanya sebuah tulisan pada papan berwarna merah kombinasi putih.

Mirip dengan ayam goreng racikan Colonel Sanders, ayam goreng ini juga diolah dengan balutan tepung sebelum digoreng. Selain ayam goreng, menu andalan lainnya adalah narngmyeon yakni mie dingin khas Korea.

Meskipun disebut KFC ala Korea Utara, tetapi restoran ini sama sekali bukan restoran cepat saji. Pengunjung yang datang akan dipersilahkan duduk untuk memilih menu makanannya. Seorang pelayan akan sigap membantu mencatat pesanan makanan.

Karena bukan termasuk restoran cepat saji, pengunjung harus menunggu beberapa saat hingga makanan siap dihidangkan. Untuk harga makanan dibanderol mulai 2-7 poundsterling atau sekitar Rp 38.800 hingga Rp 135.900.

Selain warga lokal, banyak juga wisatawan yang berkunjung ke restoran ini saat berada di Korea Utara. Pemandu dari agen perjalanan wisata banyak yang membawa pengunjung untuk makan siang atau malam di restoran ini.

Gerai KFC di Korea UtaraPilihan menu makanan di KFC ala Korea Utara Foto: Koryo Group


Sayangnya kehadiran restoran ayam goreng ini tampaknya tidak membuat masyarakat antusias. Banyak ulasan buruk soal restoran ini, bahkan di situs rekomendasi travel Trip Advisor restoran ini mendapat peringkat buruk dari ratusan pelanggan.

"KFC ini adalah KFC yang paling menjijikkan yang pernah ada," ungkap salah satu ulasan.

Beberapa orang juga mengeluhkan soal pelayan restoran yang tampak berantakan dan tidak rapi. "Saat kami mengeluh, (kami) diberitahu oleh anggota staf bahwa dia baru saja memulai shiftnya namun ada noda saus kering di seluruh kemeja dan rambut berminyak saat mengantarkan ayam kami," tulis ulasan tersebut.



Simak Video "Ramai Warga Korsel Boikot Franchise Ayam Goreng, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT