Propaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' Burrito

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Jan 2022 15:30 WIB
Propaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu Wheat Wraps Burrito Foto: Pen News
Jakarta -

Segala hal mengenai Korea Utara selalu menarik perhatian. Terbaru, media di sana disorot karena mengklaim 'wheat wraps' yang mirip burrito diciptakan pertama kali oleh Kim Kong Il pada tahun 2011.

Propaganda begitu lekat dengan Korea Utara. Warganya menerima propaganda dari pemerintah dan diatur dengan sangat ketat oleh pemimpinnya.

Mereka yang tinggal di Korea Utara konon tak tahu apa-apa soal dunia luar sebab akses informasi juga sangat dibatasi. Penyebaran informasi di sanapun bersifat satu arah.

Terbaru, ada propaganda terkait makanan yang bikin banyak orang heran. Organisasi berita negara Korea Utara, Rodong Sinmun mengklaim bahwa mendiang Kim Jong Il adalah sosok penemu 'wheat wraps' pada tahun 2011.

Propaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' BurritoPropaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' Burrito Foto: Pen News

Media Pen News bahkan mengunggah video soal propaganda makanan ini. Terlihat ada stan makanan kaki lima di luar Kumsong Food Factory di Pyongyang.

Makanan yang dijual adalah 'wheat wraps'. Makanan ini kemudian dinikmati orang-orang, termasuk anak-anak dan para tentara. Adegan lain dalam video menunjukkan proses pembuatan 'wheat wraps' di sebuah dapur industri besar.

Terlihat ada lembaran adonan gandum, mirip tortilla, sedang dicetak dan dipanggang. Lalu ada isian 'wheat wraps' seperti wortel dan kol yang sudah diiris-iris. Tak ketinggalan lembaran daging panggang.

Propaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' BurritoPropaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' Burrito Foto: Pen News

Penyajian 'wheat wraps' digulung dan dibalut kertas putih. Cara memakannya praktis, tinggal digigit seperti roti isi. Hidangan ini benar-benar mengingatkan banyak orang akan burrito asal Meksiko.

Pen News konon mengunggah video ini sebagai bentuk perayaan penemuan 'wheat wraps' oleh mendiang Kim Jong Il yang sangat dihormati. Pemimpin Korea Utara ini diketahui meninggal pada 2011, yaitu tahun yang sama dengan penemuan 'wheat wraps'.

Informasi lainnya, anak Kim Jong Il yaitu Kim Jong Un juga begitu menggemari 'wheat wraps' sehingga hidangan ini makin populer. Tak heran banyak warga Korea Utara digambarkan dalam video, sangat meminati hidangan ini.

Propaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' BurritoPropaganda Korea Utara, Kim Jong Il Diklaim Penemu 'Wheat Wraps' Burrito Foto: Pen News

Membicarakan kemiripan 'wheat wraps' dengan burrito, tak lengkap tanpa membahas sedikit asal-usul burrito. Hidangan ini berasal dari Meksiko dan sudah ada sejak tahun 1900-an. Kepopuleran burrito semakin tinggi pada tahun 1950-an di Amerika Serikat.

Burrito sendiri dibuat dari tortilla gandum. Isiannya bisa bermacam-macam seperti daging sapi, ayam, atau babi. Burrito biasanya juga ditambahkan isian kacang, keju, hingga sayuran.



Simak Video "Kim Jong Un Larang Warga Tertawa 11 Hari saat Peringatan Kematian Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com