ADVERTISEMENT

Canggih! Pakai Kacamata VR, Sapi di Peternakan Ini Hasilkan Lebih Banyak Susu

Devi Setya - detikFood
Selasa, 11 Jan 2022 16:30 WIB
Pakai Kacamata VR, Sapi di Peternakan Ini Hasilkan Lebih Banyak Susu
Foto: Odditty Central
Jakarta -

Kacamata Virtual Reality (VR) biasanya digunakan manusia untuk bermain game, tapi di peternakan justru kacamata canggih ini dikenakan oleh sapi. Hasilnya terbukti, sapi yang mengenakan kacamata ini menghasilkan susu lebih banyak.

Banyak cara yang dilakukan para peternak sapi untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu. Cara terbaru sekaligus canggih yang dilakukan peternak sapi di Turki adalah dengan mengandalkan kacamata VR yang dikenakan sapi.

Dalam upaya untuk meningkatkan hasil susu harian sapi-sapinya, seorang petani di Turki bereksperimen dengan kacamata VR yang membuat sapi-sapi itu mengira mereka berada di tengah padang rumput hijau di musim panas. Cara ini ternyata terbukti ampuh meningkatkan jumlah produksi susu.

Pakai Kacamata VR, Sapi di Peternakan Ini Hasilkan Lebih Banyak SusuPeternak dan sapi yang mengenakan kacamata VR Foto: Odditty Central

Dilansir dari Oddity Central (11/1) keluarga Izzet Koçak adalah peternak sapi di sebuah peternakan di Aksaray, Turki. Bisnis peternakannya ini sudah berlangsung selama tiga generasi. Salah satu tips dan trik mempertahankan peternakan ini yakni dengan mengikuti perkembangan zaman.

Keluarga Izzet sudah menerapkan cara menenangkan sapi dengan alunan musik. Sapi-sapi ternaknya terbukti memiliki suasana hati yang baik sehingga menghasilkan banyak susu.

Kini ia ingin mencoba cara baru yakni dengan menggunakan kacamata VR yang membuat hewan percaya bahwa mereka sedang merumput di padang rumput yang cerah, bukan di peternakan dalam ruangan di tengah musim dingin.

"Kami mendapatkan rata-rata 22 liter susu setiap hari dari sapi kami," kata Koçak kepada Anadolu News Agency. "Kami memiliki 2 ekor sapi yang memakai kacamata VR dan menonton padang rumput hijau yang luas sepanjang hari, dan produksi susu harian meningkat hingga 27 liter. Kacamata ini secara emosional baik untuk hewan, kami perhatikan bahwa hewan tidak terlalu stres. Hal ini terlihat dari produksi susu maupun kualitas susu."

Untuk mendapatkan kacamata VR khusus sapi ini ia memesannya langsung pada perusahaan di Rusia. Dalam tahap percobaan, Izzet memesan dua buah kacamata dan hasilnya terbukti bagus. Kini ia akan memesan 10 kacamata VR lagi untuk sapi.

Jika cara ini terbukti efektif untuk hasil produksi susu sapi, ia rencananya akan membuatkan 180 kacamata VR untuk seluruh sapi di peternakannya.

Izzet Koçak mengatakan bahwa dia juga memutarkan musik di peternakannya agar sapi-sapi merasa lebih rileks. Dia memantau suasana hati dan perilaku sapi dengan bantuan sistem pelacakan yang menerima data dari chip yang dipasang di pergelangan kaki sapi.

Musik yang mengalun lembut ternyata membuat sapi lebih tenang. Hasil positifnya yakni produksi susu sapi yang meningkat. Cara ini juga diterapkan di banyak peternakan di Jepang.



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Olahan Kaki hingga Jeroan Sapi di Sop Gosyen"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT