Spesial Banget! Sapi Wagyu Dipijat Agar Dagingnya Empuk

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 29 Des 2021 18:30 WIB
Sapi Wagyu Dipijat Sebelum Disembelih Foto: TikTok/smokeee888
Jakarta -

Terkenal dengan kelembutannya yang istimewa dan harganya yang mahal ternyata ada perawatan khusus untuk sapi wagyu. Sebelum dipotong, sapi ini akan dipijat oleh lima orang.

Daging sapi wagyu dikenal sebagai daging sapi istimewa dan mahal dari Jepang. Sebaran lemak yang merata membuat daging wagyu terasa meleleh saat dikunyah di dalam mulut.

Kadar otot yang rendah juga membuat daging wagyu begitu lembut bahkan saat mengunyahnya tidak perlu menggunakan tenaga yang terlalu besar. Ternyata di balik daging yang lembut dan istimewa ini ada perawatan khusus yang dilakukan pada sapi-sapi penghasil daging wagyu.

Mulai dari kondisi peternakan, pakan, hingga perawatan khusus sebelum sapi-sapi dipotong. Melalui sebuah unggahan di TikTok perawatan khusus para sapi wagyu ini ditampilkan.

Baca juga: Super Hemat! Pria Ini Punya Trik Makan Steak Salt Bae Hanya Rp 478 Ribu

Sapi Wagyu Dipijat Sebelum DisembelihSapi Wagyu Dipijat Sebelum Disembelih Foto: TikTok/smokeee888

Mengutip akun TikTok @smokeee888 (21/12), proses penyiapan sapi wagyu sebelum disembelih ini diperlihatkan secara gamblang. Beberapa ekor sapi terlihat tengah dibariskan di sebuah peternakan yang cukup luas dan dijemur di bawah sinar matahari.

Kemudian satu ekor sapi terlihat dikerubungi oleh lima orang yang telah menggunakan caping. Ternyata orang-orang ini ditugaskan untuk memijat sapi wagyu agar dagingnya empuk dan tidak keras.

Kelima pekerja tersebut dibagi menjadi beberapa posisi untuk memudahkan memijat seekor sapi dan seluruh tubuh sapi terkena pijatan dengan tepat. Ada yang di bagian leher kanan dan kiri, punggung kanan dan kiri, hingga satu orang di bagian bokong sapi.

Dengan cekatan, para pekerja ini memijat sapi-sapi tersebut dengan tenaga yang cukup. Ada teknik pemijatan memutar untuk daerah bokong hingga pemijatan dengan cara dipukul-pukul halus pada bagian punggungnya.

Baca juga: Kenapa Wagyu Harganya Mahal? Ini Kata Chef dan Peternak di Jepang

Sapi Wagyu Dipijat Sebelum DisembelihSapi Wagyu Dipijat Sebelum Disembelih Foto: TikTok/smokeee888

Menurut informasi yang juga didapatkan melalui Huffington Post (18/8), memang banyak sekali peternak wagyu yang memijat sapi untuk meredakan stres yang memengaruhi tingkat keempukan daging nantinya. Pemijatan ini juga dilakukan untuk mengendurkan otot-otot pada sapi agar dagingnya tidak keras.

Saat dilihat oleh detikcom (29/12) unggahan ini bahkan telah dilihat oleh lebih dari 10 juta kali. Banyak netizen yang berkomentar tentang perawatan pemijatan ini mulai dari yang kocak hingga mereka yang jadi mengerti mengapa daging wagyu dibanderol dengan harga yang mahal.

"Bayangkan kamu diperlakukan dengan baik dan dipijat dengan enak hanya untuk membuat dagingmu terasa lebih enak nantinya," tulis akun @laeree.

"Di supermarket harganya bisa dijual hingga Rp 7,1 juta, melihat proses ini sepertinya semua memang masuk akal," tulis akun @yanetayse.

Baca juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet



Simak Video " Masak Masak: Resep Ribeye Steak Wagyu"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com