Restoran Ini Jual Leher Bebek Utuh Rp 350 Ribu, Netizen Pro Kontra!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 15:00 WIB
Restoran Ini Jual Leher Bebek Utuh Rp 350 Ribu, Netizen Pro Kontra! Foto: Instagram Westerns Laundry/Daily Mail
Jakarta -

Kreasi menu restoran terus berkembang, namun kadang bikin pengunjung geleng kepala karena terlalu inovatif. Contohnya menu leher bebek utuh isi lobak dan kacang lentil yang disajikan restoran ini.

Mengutip Daily Mail (7/1/2022), sebuah restoran trendy di London utara jadi perbincangan usai mengunggah foto menu terbaru mereka di Instagram. Westerns Laundry yang berlokasi di Highbury mengusung menu leher bebek!

Menu seharga £18 atau hampir Rp 350 ribu itu benar-benar menggunakan leher bebek utuh, sampai ke bagian kepalanya. Bagi sebagian besar orang yang melihatnya langsung merasa ngeri, apalagi terlihat di bagian bawah leher bebek masih ada tali yang mengikat.

Westerns Laundry punya alasan di balik hadirnya menu baru ini. Pihaknya menulis, "Leher bebek isi, (dengan) lobak & lentil. Kami ingin menghormati kehidupan hewan yang kami masak dengan menggunakan semua bagian mereka. Terlalu banyak limbah yang dibuat di industri kita dengan membeli potongan berharga dan membuang bagian hewan yang tak terpakai."

Restoran Ini Jual Leher Bebek Utuh Rp 350 Ribu, Netizen Pro Kontra!Daftar menu baru yang tersedia di Westerns Laundry selain leher bebek Foto: Instagram Westerns Laundry/Daily Mail

Unggahan ini juga disertai foto daftar menu terbaru mereka. Menu lainnya juga menarik perhatian karena dibuat dari ikan mackerel, smoked eel, pollock, hingga sotong.

Baca Juga: Adu Lezat 3 Menu Ayam Utuh yang Lagi Viral, Mana Lebih Mantap?

Namun yang paling menyita perhatian netizen adalah menu leher bebek utuh. Mereka memberikan pernyataan pro dan kontra akan kemunculan menu ini.

"Tidak... Menu ini terlalu berlebihan," ujar seorang netizen yang kontra. Lalu ada juga yang menyahut, "Untuk menjustifikasi menu ini dibilang pemanfaatan bagian hewan supaya tidak ada yang tersisa. Menu ini sedikit lebih dari barbar."

Ada juga netizen yang khawatir dengan menu ini bisa menyebabkan penularan virus atau bakteri. "Duck flu," ujar seorang netizen dengan emoji tertawa.

Terkait yang pro, seorang netizen mengatakan menu leher bebek utuh tak ubahnya menu berbahan daging lain, namun para pemakan daging saja yang seolah tak bisa menerimanya.

Restoran Ini Jual Leher Bebek Utuh Rp 350 Ribu, Netizen Pro Kontra!Menu leher bebek utuh buatan Westerns Laundry diisi lobak dan kacang lentil Foto: Instagram Westerns Laundry/Daily Mail

"Sosis sama persis dengan menu leher bebek yang diisi jeroan, namun menu ini bisa diterima karena tidak menampilkan wajah hewan dan proses pembuatannya tak dilihat langsung. Masalahnya adalah pemakan daging begitu 'jauh' dari apa yang sebenarnya mereka makan karena mereka tidak melihat sebuah menu seperti apa adanya," sahut seorang netizen.

Terlepas dari kontroversi seputar tampilan menu leher bebek utuh, sebenarnya beberapa konten kreator sudah sering memamerkan momen masak atau makan bagian hewan utuh. Salah satunya Ounsin yang masak kepala sapi utuh.

Ounsin memasak kepala sapi secara bertahap dengan teknik masak tradisional kamboja. Onsin bahkan tak ragu membelah kepala sapi dan menguliti daging kepala secara utuh dimana mata dan hidung sapi masih terlihat jelas.

Baca Juga: Spesialis Makanan Ekstrem, Pria Ini Masak Bulus dan Kepala Sapi!



Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com