Berkat Makanan Kaki Limanya, Penang Masuk Daftar CNN Travel

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 10 Jan 2022 12:03 WIB
Resep Bihun Kuah Udang ala Penang
Foto: iStock
Jakarta -

Masuk ke dalam salah satu tempat terbaik di dunia, Penang disorot karena kulinernya. Budaya makanan kaki lima Penang begitu mendunia.

Setiap tahunnya, CNN Travel (04/01) mengunggah daftar kota serta negara-negara yang memiliki pesona alam hingga daya tarik sendiri. Di tahun 2022, CNN Travel baru saja mengunggah lebih dari 22 destinasi wisata yang disebut paling indah di dunia.

Di antaranya ada kota Naples di Italia, Oslo, Pulau Islan, dan Jordan. Dari semua daftar kota-kota yang didominasi oleh benua Eropa, terselip satu destinasi yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu kota Penang di Malaysia.

Baca Juga: Gegara Spanduk Lucu, Restoran Seafood Ini Tak Jadi Bangkrut" selengkapnya


Dalam penjelasannya, redaksi CNN Travel menyebutkan bahwa Penang merupakan destinasi wisata yang dikelilingi pulau. Di mana Penang memiliki aneka ragam makanan autentik, dengan ciri khas makanan yang berbeda untuk menyesuaikan selera para pelancong.

"Selama masa pandemi ini, membuat banyak orang rindu wisata kuliner. Nah, kota Penang ini menempati posisi teratas dari wisata kuliner terbaik di Asia," puji CNN Travel.

Jajanan kaki lima enak di penang, malaysiaJajanan kaki lima enak di penang, malaysia Foto: Istimewa

CNN Travel juga menjelaskan bahwa Penang tak hanya memiliki satu budaya makan saja. Tapi ada pengaruh kuliner Melayu, China serta India. Kemudian ada juga makanan kaki lima atau makanan hawker, yang sering disebut juga Baba Nyonya.

Baba Nyonya merupakan kuliner peranakan, yang menggabungkan metode masak dari China dan Melayu. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan dan memanjakan mata setiap pelancong, Penang juga menawarkan aneka kuliner legendaris yang jadi ikon wisata kota itu.

Laksa Air Itam PenangLaksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood

Asam Laksa contohnya yang berada di Pasar Air Itam. Meski sempat tutup karena pandemi, tapi ikon wisata kuliner di Penang ini kembali bangkit dan digemari banyak orang.

Selain itu banyak juga kuliner kaki lima seperti char kwetiao, nasi kandar, lok-lok, rojak hingga pasembur yang wajib dicoba saat berada di Penang.

Baca Juga: Imbas Pandemi, Air Itam Laksa yang Telah Berjualan 66 Tahun Akhirnya Tutup" selengkapnya



Simak Video "Fenomena BTS Meal di Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)