Imbas Pandemi, Air Itam Laksa yang Telah Berjualan 66 Tahun Akhirnya Tutup

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 17:30 WIB
Laksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Jualan sejak tahun 1955, Air Itam Laksa jadi tempat makan kaki lima paling legendaris di Penang. Sayangnya mereka harus tutup karena imbas pandemi.

Masuk ke dalam daftar salah satu makanan paling enak di dunia versi CNN di tahun 2020. Air Itam Laksa di Penang jadi destinasi wisata kuliner favorit selama puluhan tahun.

Baca Juga: Korban Pandemi, Food Hall Tertua di Moscow Harus tutup Setelah 120 Tahun Beroperasi

Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Penang, akan menyempatkan waktu untuk mencicipi laksa ini. Meski letak kedainya di pinggir pasar yang ramai.

Ciri khas Air Itam Laksa ini memadukan kuah dari kaldu ikan kembung, dan udang yang diracik dengan rempah segar. Laksa disajikan dengan mie puth dari tepung beras, dan rasanya asam segar, lengkap dengan taburan kecombrang di atasnya.

Laksa Air Itam PenangLaksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood

Dilansir dari WOB (19/05), sayangnya tepat tanggal 18 Mei lalu kedai Penang Air Itam Laksa ini mengumumkan akan menutup kedai mereka. Sampai waktu yang belum ditentukan.

Mereka mengaku kesulitan untuk mempertahankan usaha turun temurun ini karena pandemi Corona. Ditambah dengan pembatasan ketat dari pemerintah Malaysia, yang membuat omzet mereka semakin menurun.

Kabar ini disampaikan lewat Facebook resmi Penang Air Itam Laksa.

"Untuk semua pelanggan setia kami, karena pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 sampai sekarang. Ditambah dengan pengumuman MCO 3.0, kami merasa sangat sulit untuk melanjutkan usaha ini. Jadi kami ingin menyampaikan, bahwa kami akan tutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan," tulis pengunguman tersebut.

Laksa Air Itam PenangLaksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood

Tak hanya disebabkan pandemi saja. Menurut situs kuliner Places and Foods, banyak faktor lain yang membuat kedai kaki lima legendaris ini gulung tikar.

Salah satunya karena pemilik kedai mendapatkan ancaman serta gangguan, dari lintah darat. Di mana sang putra meminjam uang dalam jumlah yang banyak.

Banyak warga Penang dan wisatawan dari berbagai negara yang sedih mendengar kabar ini. Mereka berharap bahwa Penang Air Itam Laksa bisa kembali berjualan setelah pandemi berakhir.

Laksa Air Itam PenangLaksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood

"Sedih sekali saya tidak memiliki kesempatan untuk kembali ke Penang dan makan laksa ini. Saya harap ini hanya tutup sementara," komen netizen.

"Terlalu banyak kenangan manis di kedai ini. Saya harap kalian akan berjualan kembali setelah semuanya aman," doa netizen lainnya.

Tak hanya Penang Air Itam Laksa yang tutup setelah berjualan sejak 66 tahun lalu. Ada juga restoran berusia 231 tahun di Tokyo yang tutup karena pandemi Corona.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Restoran Berusia 231 Tahun Ini Tutup Selamanya



Simak Video "Masak Masak: Bikin Pizza Telur Udang Bareng Lucinta Luna"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com