Hati-hati Beracun! Hindari Konsumsi Semangka dengan 5 Ciri Ini

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 08 Jan 2022 19:00 WIB
-
Foto: iStock

4. Celupkan dalam air

Kamu dapat memeriksa kandungan nitrat dalam semangka dan menghindari keracunan dengan merendam sepotong kecil daging buah semangka ke dalam air bersih. Jika buahnya berbahaya, airnya akan berubah warna menjadi merah muda cerah.

Jika air mengalami perubahan, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap makan semangka ini. Tapi jika air tetap bening meskipun semangka yang dicelupkan warnanya sangat merah, tandanya semangka ini berkualitas baik dan aman dikonsumsi.

Banyak Semangka Suntik, Kenali Ciri Semangka Masak dan ManisHati-hati Beracun! Hindari Konsumsi Semangka dengan 5 Ciri Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/cihatatceken

5. Semangka cenderung berat

Terkadang tampilan kulit yang mulus dan halus tak menjamin semangka memiliki kualitas bagus. Hal ini bisa ditandai lewat bobotnya. Semangka yang berat menjadi tanda bahwa semangka sudah dalam keadaan matang dan memiliki kandungan air yang banyak.

Jika menemukan semangka berukuran besar namun bobotnya cenderung ringan maka ini menandakan kualitasnya buruk. Bisa juga mencoba mengetuk bagian kulit semangka. Jika terasa padat maka semangka ini layak dibeli.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Jala Semangka Enak dan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/adr)