Seniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya Seni

Devi Setya - detikFood Selasa, 30 Nov 2021 13:30 WIB
Seniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya Seni Foto: Instagram @gakugakugakugaku1
Jakarta -

Seniman tak hanya melukis dan memahat kayu saja. Seniman juga bisa mengukir sayuran dan buah segar menjadi berbagai bentuk benda yang artistik.

Seorang seniman asal Jepang berhasil menyita perhatian publik lewat karya ukirnya. Bukan mengukir kayu, tanah liat atau patung, pria bernama Gaku ini membuat ukiran dari sayuran dan buah-buahan segar.

Dilansir dari Oddity Central (29/11) Gaku mengandalkan sebuah pisau ukir yang bisa mengubah sayuran dan buah biasa menjadi luar biasa. Hasil karyanya ini terinspirasi dari seni ukir makanan tradisional Jepang yang populer dengan sebutan mukimono.

Seniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya SeniSeniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya Seni Foto: Instagram @gakugakugakugaku1

Selain kemampuan mengukir, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membuat seni ini karena dibutuhkan konsentrasi untuk menghasilkan karya yang detail. Desainnya hadir dengan berbagai bentuk dan motif simbol tradisional bahkan model binatang.

Gaku mengaku harus bekerja dengan teliti dan cepat karena beberapa jenis sayuran dan buah akan mengalami perubahan warna setelah mengalami proses oksidasi setelah dikupas. Sebut saja misalnya ketika mengukir apel, kentang atau terong, Gaku harus ekstra gesit membuat ukiran agar hasil karyanya tidak tampak jelek.

Gaku banyak membuat karya mengandalkan sayuran dan buah. Beberapa yang sering digunakan adalah apel, alpukat, semangka, labu, terong hingga brokoli segar. Banyak orang menyangka Gaku belajar seni ukir dari seniman terkenal padahal ia mengaku mempelajari semua ini secara otodidak.

Untuk semua hasil karyanya, Gaku mengungkapkan ia tak membuang makanan ini. Semua buah dan sayuran yang sudah ia ukir akan dimakan setelah difoto.

Gaku mengungkapkan dirinya ingin mendalami seni ukir ini lebih dalam. Ia ingin lebih banyak membuat ukiran di makanan. Kini ia sedang fokus belajar membuat seni ukir pada kulit pisang.

Seniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya SeniSeniman Ini Membuat Ukiran Sayuran dan Buah Segar Jadi Karya Seni Foto: Instagram @gakugakugakugaku1

Selain bisa menghasilkan pola yang cantik, Gaku mengatakan harga pisang cenderung murah sehingga ia bisa banyak berlatih tanpa perlu khawatir akan menghamburkan banyak uang.

Lewat Instagramnya @gakugakugakugaku1, seniman ini mengabadikan banyak karya buatannya. Instagram yang sudah memiliki pengikut lebih dari 268 ribu netizen ini juga selalu kebanjiran komentar positif.

Atas hasil karyanya ini juga Gaku sering diundang untuk memamerkan ukiran makanan buatannya. Ia juga sering diminta menjadi pembicara sekaligus pengajar untuk kelas ukir makanan bagi pemula.

Sebenarnya bukan hanya di Jepang, di Thailand juga dikenal semi ukir buah dan sayuran segar. Memakai peralatan khusus dan ada tempat latihan atau kursus sehingga setiap orang bisa berlatih mengukir buah dan sayuran menjadi karya yang indah.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Segar Bakso Mas Joko di Tendean"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com