ADVERTISEMENT

Cantik Banget! Chef Ini Buat Ukiran Alpukat hingga Labu yang Keren

Riska Fitria - detikFood
Senin, 16 Mar 2020 11:00 WIB
carving makanan
Teknik carving pada alpukat dan brokoli Foto: Takehiro Kishimoto
Jakarta -

Chef Jepang ini membuat karya seni dari makanan. Ia menyulap ragam sayuran jadi seni ukir yang cantik menggunakan teknik khusus.

Adalah Takehiro Kishimoto, seorang koki handal asal Negeri Sakura yang banyak memiliki kemampuan. Selain mampu membuat aneka makanan lezat, Takehiro Kishimoto juga bisa menyulap sayuran dan buah menjadi karya seni artistik.

Sayuran dan buah tersebut diukir dengan menggunakan teknik carving yang bila di Jepang dikenal degan sebutan Mukimono. Mukimono merupakan seni ukiran pada buah dan sayuran ala Thailand. Rupanya, ia belajar teknik carving tersebut hanya melalui internet. Butuh waktu lima tahun bagi Takehiro agar menjadi profesional.

Wow! Chef Ini Buat Ukiran Alpukat hingga Labu yang KerenTeknik carving pada makanan Foto: Takehiro Kishimoto

"Aku tertarik pada warna-warna alam yang indah, Karenanya aku membuat sayuran dan buah menjadi dekoratif yang indah ketika berada di dapur," ujar Takehiro seperti dikutip dari CNN (05/03).

Teknik carving pada sayuran dan buah ini merupakan seni tradisional yang telah ada sejak berabad-abad lalu. Dulu, teknik carving ini dianggap tidak bernilai, tetapi Takehiro Kishimoto terus mempraktikkannya hingga populer seperti sekarang.

Takehiro menjelaskan untuk teknik carving pada sayuran dan buah dibutuhkan pisau dapur khusus, yakni yang tipis dan juga tajam. Untuk karya seninya ini, Takehiro mengatakan dirinya menggunakan pisau ukiran dari Thailand.

Wow! Chef Ini Buat Ukiran Alpukat hingga Labu yang KerenTeknik carving pada makanan Foto: Takehiro Kishimoto

Baca Juga : Mau Memotong Sayuran Seperti Chef Profesional? Perhatikan Hal Penting Ini!

Ada banyak sekali karya seni yang sudah ia ciptakan. Karya seninya itu kemudian banyak diunggah melalui laman instagramnya bernama @GakuCarvingi yang dibuat pada tahun 2016 lalu. Karena karya seni carvingnya tersebut, Takehiro sudah mengumpulkan lebih dari 280.000 followers yang selalu menantikan karya seninya.

Sayuran dan buah yang digunakan pada karya seninya itu sangat beragam. Ada yang menggunakan kacang, terong, alpukat, labu, brokoli, buah bit, apel dan masih banyak lagi. Menurutnya setiap buah dan sayuran memiliki bentuk dan teksturnya yang berbeda-beda.

"Saya sering pergi ke bagian sayuran di pasar untuk melihat-lihat produk dan membayangkan akan jadi apa mereka sebelum mengukirnya," ujar Takehiro.

Wow! Chef Ini Buat Ukiran Alpukat hingga Labu yang KerenTeknik carving pada makanan Foto: Takehiro Kishimoto

Dalam video terbarunya ia membagikan proses membuat labu menjadi kalung rantai yang saling terikat, selain itu juga ada bentuk bunga mawar yang ada pada sayuran brokoli.

Tak hanya itu saja, Takehiro juga mulai mempraktikkan teknik carving makanan dengan gaya China. Ia mengatakan bahwa ia ingin terus menciptakan karya seni yang membuat orang lain terkesan.

Baca Juga : Cantik! Buah dan Sayur Ini Diukir Pakai Pisau Koki Profesional



Simak Video " Mengulik Lokasi Rossy Baking Center, Surganya Pecinta Kue"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/od)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT