Bukan Minyak Goreng, Netizen Ini Masak Kerupuk Pakai Garam

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 07 Jan 2022 11:36 WIB
Masak Kerupuk Di Atas Garam Foto: TikTok @lurvelove
Jakarta -

Kerupuk biasanya digoreng menggunakan minyak goreng, namun netizen asal Malaysia punya cara lain. Ia memakai garam kasar untuk menggoreng kerupuk.

Harga minyak goreng yang masih melonjak di Indonesia menjadi permasalahan dapur seluruh ibu rumah tangga. Penggunaan minyak goreng pun dibatasi hingga memilih menu makanan yang dapat direbus atau dikukus saja.

Salah satu makanan yang menggunakan banyak minyak goreng adalah aneka gorengan dan kerupuk. Sebenarnya kerupuk bisa dimasak dengan alternatif pasir. Di Indonesia sendiri banyak dipasarkan kerupuk pasir atau kerupuk melarat.

Selain menggunakan pasir, netizen asal Malaysia memiliki cara lain untuk menggoreng kerupuk. Ia mengunggah tutorial menggoreng kerupuk menggunakan garam kasar ke akun TikTok @lurvelove (28/12).

Masak Kerupuk Di Atas GaramMasak Kerupuk Di Atas Garam Foto: TikTok @lurvelove

Baca Juga: Resolusi Sehat di 2022, Hindari 5 Kebiasaan Makan Ini

"Tak ada minyak untuk masak? Tak apa, gunakan garam," tulis keterangan dalam unggahan videonya.

Dalam video, netizen ini menaruh garam kasar cukup banyak di atas wajan dan dipanaskan. Setelah panas, ia memasukkan satu keping kerupuk dan garam itu dibiarkan menutupi seluruh permukaan kerupuk.

Benar saja, kerupuk itu mulai mengembang saat terkena panas dari garam kasar. Ukuran kerupuk pun terus mengembang seperti memasak kerupuk dengan minyak goreng.

Masak Kerupuk Di Atas GaramMasak Kerupuk Di Atas Garam Foto: TikTok @lurvelove

Tekstur dari kerupuk yang dimasak menggunakan garam kasar itu juga sama renyahnya. Netizen itu membuktikannya dengan memakan kerupuk tersebut dan terdengar bunyi renyah saat menggigitnya.

Baca Juga: Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim

Video menggoreng kerupuk di atas garam ini telah menarik perhatian netizen. Sampai berita ini dituliskan sudah ditonton lebih dari 714 ribu kali.

"Penjualan garam meningkat setelah ini," komentar netizen.

"Life hack, saya suka menontonnya," sahut netizen lain.

Masak Kerupuk Di Atas GaramMasak Kerupuk Di Atas Garam Foto: TikTok @lurvelove

Sebelumnya, seorang netizen asal Indonesia juga pernah memasak telur di atas garam. Memang tak langsung di permukaan garam, melainkan diberikan wadah alumunium dan telur itu dipecahkan di atasnya.

Videonya juga menarik perhatian banyak netizen karena terbukti berhasil memasak telur di atas garam. Sayangnya banyak juga netizen yang protes karena dianggap boros gas dan tak praktis.

Baca Juga: Minyak Goreng Mahal, Netizen Berikan Tips Masak Telur di Atas Garam



Simak Video "Beli Takjil di Sini Bisa Dapat Minyak Goreng dengan Harga Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com