ADVERTISEMENT

5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 06 Jan 2022 12:00 WIB
Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir
Foto: detikFood
Jakarta -

Makan siang enaknya menyantap semangkuk soto yang gurih hangat. Mau soto ayam, soto betawi, atau soto tangkar? Cek rekomendasi soto nikmat dan viral di sini.

Tak sulit menemukan soto enak di berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya. Namun dari sekian banyak penjual soto, ada beberapa yang viral dan terkenal karena kelezatan menunya.

Banyak netizen mengunggah cerita soal soto ini di media sosial. Racikan soto di sini disebut enak dan sepadan dengan harganya. Jenis soto yang ditawarkan juga beragam.

Salah satunya soto ceker dan soto ranjau yang ditawarkan di Sabang, Jakarta Pusat. Lalu ada juga soto tangkar di tenda sederhana yang ada di kawasan Gading serpong.

Soto ini cocok buat pilihan makan siang hingga makan malam. Berikut detikfood merangkum 5 soto nikmat dan viral di TikTok:

1. Soto Mang Karta

5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus Foto: YouTube Kubiler

Penjual soto gerobakan ini punya banyak penggemar karena menawarkan soto ayam dengan topping melimpah. Namanya Soto Mang Karta yang ada di Jalan Kepala Dua Nomor 31, Cilincing, Jakarta Utara.

Harga per porsi soto khas Cirebon ini Rp 25 ribu untuk ukuran jumbo dan Rp 18 ribu untuk ukuran biasa. Dalam semangkuk soto ayam jumbo berisi irisan kol, tomat, bihun, dan topping ayam yang sangat banyak. Terkadang ia memberikan daging dari dua paha ayam plus ceker. Kuahnya gurih berempah karena diracik dengan jinten dan kemiri.

Mengutip YouTube Kubiler (23/6/2021), dalam sehari ia bisa menghabiskan 28 ekor ayam negeri. Ada juga sate isi ati ampela dan usus, harganya Rp 5 ribu per 3 tusuk! Soto Mang Karta buka tiap hari dari pukul 2 siang hingga 7 malam.

2. Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut

5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus Foto: Instagram ngunyahberdua

Di kawasan Sabang, Jakarta Pusat ada soto kaki lima yang terkenal enak. Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut menawarkan soto khas Jawa Timur yang kuahnya kuning dan gurih plus taburan koya.

Dalam sehari, Pak Gendut bisa menghabiskan sekitar 100 kg ceker. Lalu untuk soto ranjau bukan berisi cabe, melainkan tulang ayam yang masih memiliki daging-daging menempel di tulang. Harga per porsi soto mulai dari Rp 20 ribuan.

Kenikmatan ceker yang kenyal, empuk, dan gurih membuat soto racikan Pak Gendut disukai. Kalau tertarik mencicipinya, Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut buka mulai pukul 5 sore di Jl. H. Agus Salim No. 34.

3. Soto Cawang

5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus5 Soto Enak dan Viral, Ada Soto Ceker Ranjau hingga Soto 'Ngumpet' di Parkiran Bus Foto: detikfood

Lokasinya ngumpet di dalam parkiran mobil dan bus samping UKI, inilah Soto Cawang yang menjadi kuliner 'hidden gem' terkenal. Alamat tepatnya ada di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Nomor 3.

Soto Cawang tergolong legendaris karena sudah ada sejak 1952. Menu yang ditawarkan adalah soto betawi dengan isian daging sapi, paru, babat, kikil, hingga tulang muda. Khusus parunya, pengunjung bisa pilih mau paru yang basah atau kering dan renyah.

Untuk kuahnya, Soto Cawang menghadirkan kuah santan putih tanpa susu. Kuah kaldu soto ini dimasak dengan banyak rempah dan masih menggunakan kayu bakar! Harga per porsi soto di sini Rp 45 ribu.

Baca Juga: Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir



Simak Video "Bakso Semox Racikan Wanita Modis "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT