ADVERTISEMENT

Mewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju Utuh

Devi Setya - detikFood
Kamis, 06 Jan 2022 10:30 WIB
Mewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju Utuh
Foto: Japan Today
Jakarta -

Penggemar burger sekaligus keju pasti doyan dengan menu satu ini. Burger yang biasanya disajikan dengan roti, kini justru disajikan dengan keju Camembert utuh. Mewah!

Sering merasa kesal karena makan burger dengan selembar keju tipis di tengahnya? Jangan khawatir, sekarang ada pilihan burger yang disajikan dengan keju utuh sebagai pengganti roti bun. Hidangan satu ini bisa jadi pilihan bagi penggemar burger sekaligus penggemar keju.

Dilansir dari Japan Today (3/12) sebuah restoran cepat saji di Jepang menawarkan menu burger bernama Marugoto Camembert Burger sebagai menu terbaru di gerai cepat saji Dom Dom. Sesuai dengan namanya, secara harfiah burger ini memiliki arti 'Burger Camembert Utuh'.

Satu bongkahan keju Camembert berbentuk bundar ini sebenarnya sudah pernah dibuat pada Juli 2018 lalu. Menu burger ini diproduksi terbatas dan mulai dihapus pada 2019. Dan kini di awal 2022, burger keju utuh ini kembali memanjakan lidah para penggemar burger dan keju.

Mewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju UtuhMewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju Utuh Foto: Japan Today

Seporsi burger keju ini terdiri dari dua buah keju Camembert utuh yang di dalamnya berisi dua iris smoke beef, saus, bawang bombai, irisan tomat dan selembar keju cheddar. Meskipun terbuat dari keju, ternyata rasa burger ini tidak aneh.

Keju Camembert yang cenderung memiliki rasa tawar sedikit asin justru terasa layaknya roti burger biasa. Burger ini disajikan dingin, teksturnya lembut dan sedikit kering namun tidak membuat eneg meskipun disantap dalam jumlah banyak. Harga satu burger ini 990 Yen atau sekitar Rp 123 ribu. Harga yang cukup terjangkau untuk burger dengan keju tebal.

Camembert sendiri merupakan jenis keju segar (fresh cheese) yang memiliki beberapa ciri khas. Keju ini mudah dikenali dengan lapisan putih pada permukaannya. Lapisan tipis berwarna putih ini adalah jamur Penicillium Candidum yang menjadi bahan fermentasi keju camembert.

Mewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju UtuhMewah! Bukan Pakai Roti, Burger Ini Disajikan dengan Keju Utuh Foto: Japan Today


Untuk aroma keju ini tidak terlalu kuat layaknya jenis keju tua atau blue cheese. Jadi meskipun dijadikan pengganti roti bun, tetapi rasanya tidak terlalu mendominasi. Demikian juga dengan teksturnya yang kenyal dan lembut, cocok disantap sebagai daging asap dan isian burger lainnya.

Sebenarnya bukan kali ini saja roti burger diganti bahan lain. Sebelumnya pernah ada kreasi burger tanpa roti yang sempat digandrungi foodies, bahkan menjadi tren kuliner. Ada burger nasi, burger waffle, burger donat hingga burger mie yang juga dibuat di Jepang.



Simak Video "Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT