Laris Manis! Jualan Makanan Pakai S3 Marketing

Pakai Cara S3 Marketing, Jualan Makanan Ini Jadi Laris Manis dan Viral

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 15:00 WIB
S3 Marketing! Warung Ikan Ini Pasang Iklan Mirip Spanduk Caleg Foto: Instagram @infocegetansukoharjo
Jakarta -

Membicarakan teknik marketing atau pemasaran makanan, jadi cara penjual makanan melariskan dagangannya. Kini muncul cara yang tak biasa yang disebut sebagai S3 Marketing.

Istilah 'marketing S3' jadi sebutan untuk orang-orang yang berjualan dengan cara kreatif, cara unik yang tidak biasa atau 'out of the box' untuk menarik minat pembeli. Tak heran banyak penjual makanan yang mendadak viral, karena teknik marketing mereka yang sangat kreatif dan keren.

Pancing Emosi Netizen, Spanduk Diskon Makan Dimsum Ini Bikin NgakakPancing Emosi Netizen, Spanduk Diskon Makan Dimsum Ini Bikin Ngakak Foto: Twitter@txtdrkuliner/ Mari Dimsum

Kebanyakan memang teknik S3 marketing di Indonesia, menggunakan spanduk dengan kata-kata kocak untuk menarik pelanggan. Seperti potongan warung makan sederhana ini. Di depan warung makan itu terdapat tulisan 'Budayakan Malas Memasak, Makan di Sini Cuma Rp 5.000'.

Kemudian ada juga warung mie ayam dengan nama Dapur Bunda yang membuat sayembara di toko mereka. Bahwa mereka mencari uang hilang sebesar Rp 10.000, jika menemukannya mendapatkan satu porsi mie instan goreng dengan mangkok pangsit.

S3 Marketing, spanduk warung makan unikS3 Marketing, spanduk warung makan unik Foto: Twitter @kegblgnunfaedh

Tak hanya di Indonesia, restoran seafood di Malaysia juga menggunakan spanduk sebagai teknik marketing mereka menarik calon pembeli. Efek dari pandemi, restoran Penang Street Food hampir saja gulung tikar karena sepinya pembeli.

Baca Juga: Kocak! 5 Spanduk Restoran yang Bikin Ngakak untuk Tarik Perhatian Pembeli" selengkapnya


Mereka akhirnya memasang spanduk besar berisi kartun udang yang tengah sekarat. Lengkap dengan tulisan: "Tolong selamatkan kami. Sebentar lagi kami akan mati.." tulis isi spanduk tersebut.

Setelah memasang spanduk itu, banyak orang yang mengunggahnya di Facebook. Sang pemilik bahkan tak menyangka, bahwa karena spanduk udang sekarat ini, restorannya tak jadi bangkrut dan masih bisa beroperasi karena banyaknya pesanan makanan yang masuk.

Gegara Spanduk Lucu, Restoran Seafood Ini Tak Jadi BangkrutGegara Spanduk Lucu, Restoran Seafood Ini Tak Jadi Bangkrut Foto: Facebook


Selain gambaran teknik marketing di atas, masih banyak penjual makanan lainnya yang laris manis berdagang dengan menggunakan teknik S3 marketing yang mengundang tawa dan kocak. Jualan laris, pembeli pun terhibur.

Untuk itu pantau terus semua artikel seputar teknik marketing para penjual makanan hanya di detikFood.

Baca Juga: Pakai Teknik S3 Marketing, Bocah Penjual Permen Ini Viral" selengkapnya



Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com