Bikin Haru! Perjuangan 5 Penjual Makanan Difabel yang Pantang Menyerah

Diah Afrilian - detikFood Senin, 03 Jan 2022 15:00 WIB
Pantang Menyerah, Penjual Kue Tunanetra Ini Semangat Buka Toko Kue Foto: FMT & Ruben Pastry
Jakarta -

Memiliki keterbatasan, orang-orang ini tak pantang menyerah. Berjualan makanan demi memenuhi kebutuhan hidup, sebagian dari penyandang disabilitas ini berhasil sukses.

Memiliki kondisi yang spesial atau berbeda dengan orang lain bukan menjadi alasan untuk mengandalkan pemberian dari orang lain. Selagi tubuh masih mampu digerakkan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghidupi diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Tidak ingin duduk diam dan hanya dikasihani, beberapa penjual makanan yang memiliki keterbatasan nyatanya berjuang keras. Mereka rela jalan jauh untuk menjajakan makanan yang dijual hingga duduk berjam-jam di pinggir jalan demi mendapatkan sedikit pemasukan.

Berbagai makanan yang dijual juga dijamin segar dan terjaga kualitasnya. Berkat kerja kerasnya ini, sebagian dari mereka juga tidak jarang berhasil meraup keuntungan besar.

Berikut ini 5 kisah haru para penjual makanan difabel yang tak pernah patah semangat:

Pria Tunarungu Semangat Jualan Kunyit Asam di SurabayaPria Tunarungu Semangat Jualan Kunyit Asam di Surabaya Foto: Instagram @semuaislam.id

1. Pria Tunarungu Jualan Kunyit Asam

Dibagikan melalui akun instagram @semuaislam.id, terlihat seorang pria yang cukup berumur tengah berjualan kunyit asam. Bukan hanya berumur, pria penjual kunyit asam ini juga memiliki keterbatasan untuk mendengar.

"Maaf saya tuli. Jual kunyit asam sehat dan menyegarkan. Gula asli dan bahan alami," tulis sebuah kertas pada kotak yang ada di atas sepedanya juga membenarkan bahwa dirinya memiliki keterbatasan.

Menurut pengunggah video, pria penjual kunyit asam ini begitu ramah saat melayani para pelanggannya. Senyum lebar selalu ia lemparkan kepada siapapun yang melintas di hadapannya. Menjadi viral, banyak netizen yang mendoakan kebaikan untuk pria penjual kunyit asam tersebut.

Baca juga: Meski Tunarungu Pria Ini Tetap Semangat Jualan Kunyit Asam Keliling

2. Pasangan Tunanetra Sukses Jualan Sambal

Sempat bekerja di sebuah restoran, pasangan tunanetra ini terpaksa diberhentikan setelah pandemi Covid-19 mulai melanda Malaysia. Pasangan suami istri (pasutri) yang bernama Yusri dan Nur ini akhirnya mencari cara untuk tetap mendapatkan penghasilan bagi keluarganya.

Mendirikan sebuah toko online pada platform e-commerce, mereka menjual sambal yang dibuat sendiri oleh Nur. Produk andalannya adalah Sambal Hitam yang sempat viral di Twitter ketika Yusri menjajakan sambalnya melalui sebuah cuitan.

Tidak disangka, usaha promosi yang dilakukannya begitu berhasil dan mendulang keuntungan yang sangat tinggi. Dalam seminggu keduanya bahkan mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp 8,9 juta.

Baca juga: Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lays hingga Cheetos akan Setop Produksi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com