Sering Dilupakan! Ini 7 Etiket Makan di Restoran Saat Musim Liburan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 02 Jan 2022 10:00 WIB
Sering Dilupakan! Ini 7 Etiket Makan di Restoran Saat Musim Liburan
Foto: Getty Images/skynesher

5. Tidak minta banyak penyesuaian pada menu

Meski sudah bayar mahal saat santap di restoran, hindari bersikap semena-mena, termasuk dalam urusan menu. Meminta terlalu banyak penyesuaian akan membuat kerepotan di dapur.

Bukan tak mungkin, tamu lain melihat apa yang kamu pesan, kemudian berakhir meminta yang sama. Hal ini bisa semakin merepotkan chef di restoran. Kalau kamu punya batasan makanan seperti alergi, diet, atau preferensi makanan, bilang dari awal pada pegawai restoran.

6. Tidak berlama-lama di restoran

Sering Dilupakan! Ini 7 Etiket Makan di Restoran Saat Musim LiburanSering Dilupakan! Ini 7 Etiket Makan di Restoran Saat Musim Liburan Foto: Getty Images/skynesher

Musim liburan identik dengan kapasitas restoran yang penuh. Pengertian terhadap tamu lain perlu kamu lakukan. Caranya adalah dengan tidak berlama-lama di restoran. Ketahuilah ada banyak tamu lain menunggu tempatmu.

Hindari ngobrol terlalu lama saat makan atau bahkan setelahnya. Pertimbangkan bahwa pegawai restoran juga butuh tambahan waktu untuk membereskan mejamu sebelum dipakai tamu lain.

7. Memberi tip

Tip dari tamu saat berarti untuk pegawai restoran. Memberikan tip juga menjadi bentuk apresiasi dari kamu untuk pelayanan serta menu yang memuaskan.

Tak ada salahnya menyisihkan sedikit uang sebagai tip bagi pegawai restoran. Tak ada besaran pasti soal jumlah tip, namun di negara Barat biasanya mencapai 20% dari total harga bersantap di restoran.


(adr/odi)