ADVERTISEMENT

30 Resep Barbeque Party

Cara Membuat Popcorn Mekar dan Tidak Gosong Buat Camilan Tahun Baru

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 15:12 WIB
Cara Membuat Popcorn
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Popcorn bisa menjadi pilihan camilan yang enak disantap saat perayaan tahun baru 2022. Cara membuat popcorn juga mudah, ini tips yang bisa diikuti.

Perayaan tahun baru memang identik dengan pesta barbeque (BBQ), namun kamu juga bisa menyiapkan makanan lainnya sebagai pelengkap atau camilan. Seperti popcorn yang rasanya ringan dan mudah dibuat.

Walaupun cara membuatnya mudah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar tidak gagal dalam membuat popcorn. Mulai dari memilih biji jagung yang bagus, cara memanaskan mentega yang benar, hingga memberikan topping.

Baca Juga: Arief Muhammad Curhat Dijutekin Pelayan Resto di Bandung, Ini Kronologinya!

Berikut 5 tips dan cara membuat popcorn untuk tahun baru.

1. Pilih Biji Jagung yang Bagus

Cara Membuat PopcornCara Membuat Popcorn Foto: Getty Images/iStockphoto

Biji jagung popcorn banyak ditawarkan oleh pasaran. Mulai dari per kilo yang banyak tersebar di pasar tradisional, hingga kemasan praktis berisikan paket biji jagung dan varian rasanya. Biasanya biji jagung yang ditawarkan untuk popcorn berwarna putih atau kuning.

Agar popcorn mekar saat dimasak, pilihlah biji jagung dengan kulit yang keras. Karena dapat menahan uap air sehingga biji jagung akan mengembang dan menjadi popcorn.

2. Panaskan Mentega dengan Api Kecil

Popcorn bisa dibuat dengan mentega maupun minyak goreng. Paling nikmat memang memakai mentega karena akan menghasilkan aroma yang lebih harum dan rasanya gurih.

Ketika memanaskan mentega perhatikan apinya. Panaskan dengan api kecil agar popcorn tak mudah gosong. Selain itu, jumlah mentega yang dipakai sebaiknya agak banyak sesuai biji jagung yang dimasak.



Simak Video "Masak Masak: Popcorn Tahu Bumbu Keju Pedas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT