30 Resep Barbeque Party

3 Tips Menyalakan Api Arang untuk Pesta BBQ Tahun Baru

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 13:00 WIB
Tips nyalakan api arang
Foto: iStock
Jakarta -

Sering kali orang merasa kesulitan saat mencoba menyalakan api arang untuk pesta BBQ. Supaya api menyala stabil, ikuti beberapa tips ini.

Selain alat panggangan, arang dan korek juga sangat dibutuhkan untuk mengadakan pesta BBQ tahun baru. Namun percuma, jika peralatan sudah lengkap tapi api arang tak kunjung menyala.

Kebanyakan orang memang sering kesulitan saat mencoba menyalakan api arang. Karenanya tak sedikit yang mencoba menambahkan minyak agar api dapat menyala dan tahan lama.

Selain itu, ada juga yang menyingkirkan api arang dari udara agar api bisa menyala. Namun, apakah faktanya demikian?

Chef Victor Taborda, Executive Chef dari restoran Sudestada Jakarta memberikan tips untuk menyalakan api arang. Ia juga menjelaskan tentang kebiasaan yang ternyata salah tapi masih dipraktekkan.

Berikut tips menyalakan api arang untuk pesta BBQ tahun baru:

1. Memilih Jenis Arang

Tips nyalakan api arangTips nyalakan api arang Foto: iStock

Menjadi salah satu peralatan yang dibutuhkan, tentu saja memilih arang jangan sembarangan. Arang memiliki jenis yang berbeda-beda. Mulai dari arang kayu, briket, arang batok dan lainnya.

Namun jenis arang tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan. Seperti arang kayu yang lebih memudahkan api menyala, hanya saja pada akhirnya menyisakan abu.

Sementara arang batok dapat membuat makanan tidak cepat gosong. Namun, kekurangannya jenis arang ini adalah sulit untuk dinyalakan, tapi ketika menyala bawa apinya lebih awet.

Selain itu, juga ada arang briket atau arang batubara. Kamu dapat memilih jenis arang sesuai dengan keperluan.

Baca Juga: 3 Resep Sate Sapi Bumbu Tradisional Untuk Pesta Tahun Baru Keluarga

2. Harus Ada Udara

Tips nyalakan api arangTips nyalakan api arang Foto: iStock

Keseringan orang menjauhkan api arang dari udara karena takut api tak kunjung menyala. Namun, menurut Chef Victor hal tersebut justru yang menyebabkan api arang sulit dinyalakan.

"Paling penting pakai arang harus ada udara. Udara yang bikin api gak mati. Banyak orang yang selalu cari tempat yang tertutup, padahal itu salah," ujarnya.

Chef Victor mengatakan bahwa api menyala itu membutuhkan oksigen. Ketika menyalakan api di ruang tertutup, tentu saja minim mendapatkan oksigen sehingga api sulit menyala.

3. Jangan Pakai Minyak

Tips nyalakan api arangTips nyalakan api arang Foto: iStock

Selain itu, tak sedikit juga orang yang menambahkan minyak goreng ke arang agar api dapat menyala. Chef Victor menyebut bahwa ini adalah kebiasaan salah yang masih sering dilakukan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa api arang dapat menyala karena membutuhkan oksigen. Sementara itu, dengan menambahkan minyak goreng menyulitkan untuk terkena oksigen.

"It's a big mistake. Ada karyawan saya masih pakai minyak supaya api menyala. Salah besar. Saya bilang beberapa kali gak harus pakai minyak," tuturnya.

Lebih lanjut, Chef Victor juga mengatakan bahwa dengan menambahkan minyak ke arang dapat menyebabkan kepulan asap yang sangat mengganggu pernapasan dan membuat mata perih.

Baca Juga: Sedih! Sudah Bawa Panggangan, Wanita Ini Tak Diundang Pesta BBQ



Simak Video "Bikin Laper: Melahap Ikan Gurame Asam Manis Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)