30 Resep Barbeque Party

Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 14:00 WIB
Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak
Foto: Getty Images/iStockphoto/kajakiki
Jakarta -

Mau bikin jagung bakar untuk pesta tahun baru? Supaya rasanya enak, hindari lima kesalahan berikut saat membuatnya. Mulai dari memilih jenis jagung hingga membumbuinya.

Selain daging dan seafood, pesta barbeque (BBQ) tahun baru makin lengkap dengan jagung bakar. Tekstur jagung yang renyah juicy dan rasanya yang manis membuat menu ini disukai seluruh anggota keluarga.

Bumbu yang membalut jagung bakar bisa dipilih, mau lebih manis atau pedas? Semuanya bisa dibuat sesuai selera. Meski terlihat gampang, membuat jagung bakar ternyata ada tipsnya.

Mulai dari memilih jagung yang tepat hingga mengakali jagung supaya nantinya empuk. Ada juga tips meracik bumbu olesan jagung yang nikmat.

Supaya tidak keliru, hindari lima kesalahan saat membuat jagung bakar berikut yang bikin rasanya kurang enak. Ini daftarnya:

1. Sembarangan pilih jagung

Tak bisa sembarangan, memilih jagung untuk jagung bakar harus yang tepat. Pilih jagung yang tidak terlalu muda ataupun tua. Cirinya bisa dikenali dari ujung dan pangkal jagung. Jika cukup keras, berarti jagung cukup tua.

Kemudian perhatikan ciri luarnya. Pilih jagung yang masih segar dan berkulit. Sebaiknya permukaannya masih mulus dengan biji-biji yang besar. Biasanya jagung seperti ini terasa manis.

2. Mencopot semua kulit jagung

Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang EnakGegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak Foto: Getty Images/iStockphoto/kajakiki

Saat menyiapkan jagung, hindari mencopot semua kulit jagung sampai bersih. Kamu bisa menarik kulitnya perlahan dari atas menuju bagian pangkal jagung. Tarik semua bagian kulitnya dan padatkan hingga bisa digenggam di bagian bawah.

Bila perlu, kamu bisa melilit bagian kulit hingga menjadi pegangan yang kuat. Cara ini memudahkan kamu memegang jagung saat dibakar. Jangan lupa juga bersihkan permukaan jagung dari rambut-rambut halus yang menyertainya agar jagung bakar enak dimakan nantinya.

3. Tidak meracik bumbu olesan

Kunci kelezatan jagung bakar ada pada bumbu olesan yang tepat. Kamu bisa meraciknya dengan berbagai saus dan bumbu sesuai selera. Kalau suka pedas manis asin, coba racik bumbu olesan dari madu, mentega, dan saus sambal botolan.

Untuk pencinta pedas, bisa bikin bumbu olesan dari saus sambal botolan, mentega, dan kaldu ayam bubuk. Rasa BBQ yang spesial juga enak. Kamu bisa meraciknya dari lelehan mentega, saus BBQ botolan, saus sambal botolan, dan madu.

Oleskan bumbu ini ke seluruh permukaan jagung sebelum dibakar. Saat dibakar, kamu juga perlu kembali mengoleskannya sesekali agar cita rasa bumbu meresap nantinya.

Info kesalahan saat membuat jagung bakar masih ada di halaman selanjutnya.