30 Resep Barbeque Party

5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef

Riska Fitria - detikFood Kamis, 30 Des 2021 16:30 WIB
5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef Foto: iStock
Jakarta -

Memanggang daging tidak hanya sekedar menaruh daging di atas alat panggangan. Ada tips yang perlu diperhatikan agar tidak cepat gosong dan teksturnya juicy.

Malam tahun baru enaknya dirayakan dengan pesta BBQ bersama keluarga dan teman-teman. Biasanya menu bakar-bakaran tahun baru adalah daging panggang dengan berbagai bumbu.

Namun, sering orang merasa kesulitan saat memanggang daging karena dagingnya cepat gosong atau teksturnya yang terlalu keras. Ternyata hal tersebut disebabkan karena proses pengolahan yang dilakukan.

Chef Victor Restoren SudestadaChef Victor Restoren Sudestada Foto: detikcom/Riska Fitria

Seperti yang disampaikan oleh Chef Victor dari restoran Sudestada, Jakarta. Menurutnya, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat memilih daging untuk dipanggang.

Berikut tips memanggang daging menurut Chef Victor:

1. Jangan Gunakan Daging yang Beku

5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef Foto: iStock

Kepada detikcom (24/12/21) Chef Victor menyarankan untuk tidak menggunakan daging beku untuk dipanggang. Menurutnya, daging yang beku kandungan airnya bisa berkurang atau hilang sehingga rasanya tidak bisa juicy lembut.

"Kalau orang mau juicy jangan pake yang Beku. Kalau udah membeku hilang itu juicynya," ujar Chef Victor.

Selain itu, Chef Victor juga menyarankan jika menginginkan tekstur juicynya terasa, jangan menggunakan daging yang potongannya terlalu tipis. Daging dengan potongan yang tebal tekstur juicynya akan lebih terasa.

Sementara untuk bumbunya, Chef Victor mengatakan bahwa tidak ada bumbu khusus yang bisa membuat tekstur daging menjadi juicy melainkan lebih kepada pemilihan daging dan cara memanggangnya.

Baca Juga: Ada Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di Indonesia


2. Daging dengan Lemak

5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef5 Tips Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef Foto: iStock

Supaya daging panggang semakin enak rasanya, pastikan untuk menggunakan daging yang ada lemaknya. Namun, perhatikan juga kandungan lemak yang ada di dalam daging agar tidak berlebihan.

Chef Victor menyarankan untuk menggunakan daging dengan kandungan lemak sekitar 15-20%. " harus ada lemak, karena lemak jadi bikin enak," tutur Chef Victor.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com