30 Resep Barbeque Party

Ada Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 28 Des 2021 11:00 WIB
Ada Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Foto: iStock
Jakarta -

Melewati momen tahun baru kurang lengkap rasanya tanpa makan bersama keluarga dan teman-teman. Biasanya momen tahun baru identik dengan pesta BBQ.

Pesta BBQ dalam momen tahun baru agaknya sudah menjadi tradisi turun-temurun di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dalam pesta BBQ, orang-orang akan memanggang daging.

Pesta BBQ sendiri ternyata pertama kali dilakukan di Pulau Karibia pada tahun 1526. Pada saat itu, masyarakat suku Taino di Karibia sering memanggang daging menggunakan panggangan dari kayu bakar.

Daging tersebut diberi bumbu dari rempah-rempah racikannya sendiri. Pads tahun 1755, kata 'barbecue' atau barbeque dikenal sebagai teknik memasak yang kemudian populer ke berbagai negara.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Yule Log Daging yang Gurih Enak untuk Sajian Natal

Ada Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di IndonesiaAda Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di Indonesia Foto: iStock

Dikutip dari Live Science, barbeque populer di Amerika Serikat sejak zaman kolonial. Kemudian berkembang menjadi budaya turun-temurun. Biasanya mereka melakukan pesta BBQ di hari kemerdekaan Amerika.

Bahkan saking tingginya peminta pesta BBQ, sampai didirikan pabrik briket arang komersial pertama yang dibangun oleh Henry Ford pada tahun 1921 dengan rancangan Thomas Edison.

Sejak saat itulah BBQ kerap diidentikkan dengan perayaan meriah dan spesial. Sementara di Indonesia sendiri, pesta BBQ lazimnya dilakukan dalam perayaan tahun baru.

Awalnya BBQ hanya menggunakan daging sapi saja. Namun semakin berkembangnya zaman, muncul kreasi menu-menu lain untuk pesta BBQ. Mulai dari ikan, udang, cumi, daging ayam hingga sosis.

Ada Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di IndonesiaAda Sejak 1526, Pesta BBQ Kini Jadi Perayaan Tahun Baru di Indonesia Foto: iStock

Baca Juga: Emak-emak Jangan Panik! Harga LPG Naik Mengikuti Harga Minyak Goreng dan Telor

Di ulasan detikFood kali ini, kami akan membahas serba-serbi pesta BBQ. Mulai dari persiapan yang harus dilakukan, seperti menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Selain itu, kami juga memberikan tips membuat api arang agar tidak cepat mati. Tak ketinggalan juga tips-tips memilih ikan dan seafood yang masih segar agar tidak berbau.

Kemudian lengkap dengan tips memanggang daging agar tak cepat gosong dan teksturnya empuk juicy. Selain ikan, seafood dan daging, kami juga akan memberikan resep dan tips membuat camilan untuk tahun baru, seperti jagung bakar, popcorn hingga kentang goreng.

Supaya pesta BBQ di tahun baru berlangsung spesial dengan hidangan yang lezat, yuk simak terus ulasan detikFood kali ini!

Baca Juga: Mantul! Korean BBQ Murah di Depok Ini Cuma Rp 99 Ribu untuk 4 Orang



Simak Video "KuTips: Cobain Resep Sate BBQ Rumahan Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)