Huaah! Pedas Sedap 5 Sego Tempong Berlauk Komplet di Banyuwangi

Riska Fitria - detikFood Kamis, 30 Des 2021 12:00 WIB
Huaah! Pedas Sedap 5 Sego Tempong Berlauk Komplet di Banyuwangi Foto: detikcom
Jakarta -

Kulineran di Banyuwangi kurang lengkap tanpa mencicipi sego tempong. Ada beberapa warung yang menawarkan sego tempong lauk komplet dan sambal super pedas. Huaah!

Sego tempong merupakan kuliner khas Banyuwangi, Jawa Timur. Berupa nasi yang disajikan dengan sayur rebus, lauk-pauk dan sambal tempong. Kata 'tempong' dipakai untuk mendeskripsikan rasa pedasnya.

Sambal tempong sendiri terbuat dari cabe rawit, terasi, jeruk limau dan ranti, sejenis tomat yang banyak tumbuh di Banyuwangi. Aromanya harum dengan rasa pedas menyengat tapi asam segar.

Selain itu dilengkapi dengan lauk-pauk rumahan yang sederhana, seperti telur dadar, ayam goreng, ikan goreng, udang goreng, ati ampela dan masih banyak lagi.

Berikut 5 tempat makan sego tempong enak di Banyuwangi:


1. Sego Tempong Mbok Nah

Sego Tempong Mbok Nah: Gurihnya Telur Dadar Krispi dengan Sambal khas BanyuwangiSego Tempong Mbok Nah: Gurihnya Telur Dadar Krispi dengan Sambal khas Banyuwangi Foto: detikcom/Riska Fitria

Sego Tempong Mbok Nah merupakan salah satu warungsego tempong yang legendaris diBanyuwangi.Warungnya didirikan pertama kali olehRahnah pada tahun 1990-an.

Sebenarnya Rahnah sendiri bukan asli Banyuwangi, melainkan Madura. Namun, ia sudah lama menetap di Banyuwangi bersama keluarganya. Ada banyak jenis lauk yang bisa dipilih.

Salah satu lauk yang jadi andalan adalah telur dadar keriting. Lauk ini adalah lauk yang pertama kali ditawarkan di warung ini. Telur dadarnya digoreng berlapis di minyak goreng panas.

Rasanya gurih dengan tekstur garing, hanya saja sedikit berminyak. Seporsinya dilengkapi dengan sayuran rebus seperti bayam, terong dan manisa seharga Rp 11.000.

Lengkap dengan sambal tempongnya harum. Sambalnya berwarna merah menyala, Sementara rasanya pedas tapi ada sensasi segar dari ranti, sejenis tomat.

Sego Tempong Mbok Nah
Jl. Kolonel Sugiono No.16
Kertosari, Banyuwangi
Jam buka: 08.00 - 12.00

Baca Juga: Sego Tempong Mbok Nah: Gurihnya Telur Dadar Krispi dengan Sambal khas Banyuwangi

2. Sego Tempong Mbok Wah

Huaah! Pedas Sedap 5 Sego Tempong Berlauk Komplet di BanyuwangiHuaah! Pedas Sedap 5 Sego Tempong Berlauk Komplet di Banyuwangi Foto: detikcom

Yang tak kalah populer dan tersohor, ada juga Sego Tempong Mbok Wah. Lokasi warungnya agak sedikit tersembunyi, karena berada di dalam perumahan dengan jalanan yang sempit.

Berbeda dengan Mbok Nah, jika dilihat dari sambalnya, sambal tempong Mbok Wah warnanya lebih oranye. Namun, sensasi rasanya sama-sama pedas dan segar karena menggunakan ranti.

Mampir ke sini bisa pesan Sego Tempong Udang seharga Rp 24.000. Seporsinya diisi dengan kol rebus sebagai lalapan, udang goreng yang ditusuk sate, rasanya gurih dan renyah.

Bisa juga tambah lauk pelengkap seperti bakwan jagung yang cocok dimakan pakai sambal tempong yang super pedas. Selain itu, ada pilihan lauk lainnya seperti ikan lele, ayam goreng, ikan kembung, telur dan lainnya.

Sego Tempong Mbok Wah
Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R.
Bakungan, Banyuwangi.
Telp: 0822-3163-1493
Jam Buka: 08.00 - 23.00

Baca Juga: Huaah! Tertampar Pedasnya Sego Tempong Mbok Wah yang Bikin Nagih

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Pedes Sedap Sego Tempong Bu Lis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com