Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 18:30 WIB
5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Jawa Timur punya banyak racikan nasi rames nikmat. Ada nasi pecel pincuk khas Madiun, nasi sodu dari Situbondo, hingga sego tempong yang terkenal di Banyuwangi.

Jalan-jalan ke Jawa Timur, kamu bakal puas mencicipi aneka nasi rames. Banyak daerah di Jawa Timur memiliki racikan nasi rames yang khas. Pilihan lauk dan pelengkapnya beraneka ragam.

Kebanyakan disajikan dengan pincuk alias daun pisang. Hal ini membuat nasi lebih wangi dan menggugah selera. Lalu untuk pilihan lauknya, nasi rames di Jawa Timur sangat beragam.

Pada nasi pecel pincuk Madiun, misalnya, enak dinikmati dengan mendol tempe. Lalu ada juga nasi krawu Gresik yang identik dengan lauk daging dan jeroan sapi.

Menyusuri Situbondo, jangan lupa cicip nasi sodu yang dilengkap kuah santan dan sayur labu. Kemudian nasi boran dari Lamongan terkenal dengan lauk otak-otak bandengnya.

Tak ketinggalan nasi tempong dari Banyuwangi yang pedasnya nampol! Berikut lima nasi rames khas Jawa Timur yang layak kamu cicipi:

1. Nasi pecel pincuk

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Jawa Timur, khususnya kota Madiun, punya nasi pecel enak yang terkenal dengan sebutan nasi pecel pincuk. Hal ini karena nasi disajikan di atas lembaran daun pisang (pincuk).

Jenis sayuran yang digunakan sangat beragam, mulai dari tauge, kecipir, kacang panjang, selada air, kenikir, sampai kemangi. Kemudian sayuran rebus ini diguyur bumbu kacang.

Nasi pecel pincuk semakin nikmat dilahap dengan rempeyek dan pelengkap gorengan. Ada tempe goreng, mendol tempe, dadar jagung, hingga tahu pong yang nikmat rasanya. Di Jawa Timur sendiri, tak sulit menemukan penjual nasi pecel karena menu ini sudah jadi makanan sehari-hari.

Baca Juga: Cak Sugik: Uenak Pol! Pecel Madiun dan Nasi Rawon di Atas Pincuk

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com