30 Resep Barbeque Party

Mau Bikin Sosis Bakar? Kenali 5 Jenis Sosis Ini, Ada Bratwurst dan Frankfurter

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Des 2021 14:00 WIB
Mau Pesta Sosis Bakar? Kenali 5 Jenis Sosis Ini, Ada Bratwurst dan Frankfurter Foto: Getty Images/iStockphoto/SGAPhoto
Jakarta -

Selain ayam dan daging sapi, kamu juga bisa pesta sosis bakar saat malam pergantian tahun. Sebelum membeli sosis, kenali dulu jenis sosis yang enak diolah jadi sosis bakar.

Sosis bisa jadi pilihan tepat kalau kamu bosan dengan olahan ayam atau daging panggang saat momen pergantian tahun. Ada beragam pilihan sosis lezat dan juicy yang cocok dibakar dengan olesan saus barbeque. Sosis panggang juga enak dinikmati dengan saus pedas, mayonaise ataupun mustard.

Sangat banyak jenis sosis yang tersedia di pasaran. Kenali berbagai ciri dan karakter sosis sebelum kamu memilihnya jadi santapan spesial saat pesta barbeque.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis sosis populer dan terkenal enak:

1. Frankfurter

Frankfurters termasuk jenis sosis yang banyak ditemukan di pasaran, di Indonesia jenis sosis ini mudah dijumpai di supermarket premium. Frankfurter atau biasa juga disebut Franks adalah sosis asal Jerman yang umumnya terbuat dari daging sapi atau daging babi.

Frankfurter memiliki banyak sebutan, termasuk sosis Wina , hotdog atau Wiener. Meskipun berasal dari Jerman, sosis berbentuk panjang dan kecil ini sudah populer di berbagai negara.

Frankfurter termasuk jenis sosis dengan tekstur lembut. Biasanya daging sudah diolah dengan bumbu seperti bawang putih, merica, garam, gula, mustard dan aneka rempah lain sehingga rasanya lezat. Frankfurter cocok diolah dengan cara dipanggang dan disantap dengan kentang goreng ataupun roti.

Mau Pesta Sosis Bakar? Kenali 5 Jenis Sosis Ini, Ada Bratwurst dan FrankfurterMau Pesta Sosis Bakar? Kenali 5 Jenis Sosis Ini, Ada Bratwurst dan Frankfurter Foto: Getty Images/iStockphoto/SGAPhoto

2. Bratwurst

Selain Frankfurter, ada juga sosis asal Jerman yang tak kalah populer yakni Bratwurst. Sosis jenis ini terbilang legendaris karena sudah dibuat sejak 1313 dan hingga kini masih jadi sosis andalan yang diolah banyak orang di berbagai negara.

Sosis ini umumnya terbuat dari daging sapi, daging babi dan daging sapi muda. Bratwurst terkenal sebagai sosis yang memiliki bentuk tebal dan panjang. Rata-rata sosis ini memiliki panjang 15-20 cm. Bratwurst juga memiliki tekstur yang agak kasar namun tetap juicy dan gurih.

3. Sosis Cocktail

Sosis satu ini memiliki bentuk mungil karena ukurannya kecil dan pendek. Cocktail sausage biasa jadi menu makanan pembuka karena ukurannya yang kecil. Untuk bahan pembuatnya beragam bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, daging babi atau campuran ketiga daging ini.

Karena ukurannya mungil, sosis ini bisa dijadikan sate sebelum dipanggang. Olesan seperti saus pedas manis dan saus barbeque cocok dijadikan pelengkap. Sosis ini juga bisa disajikan sebagai tambahan pada nasi goreng atau hotdog. Anak-anak juga umumnya suka sosis ini karena ukurannya yang mungil.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com