5 Kue Natal Ini Pecahkan Rekor Dunia, Ada Fruitcake Seberat 4 Ton

Devi Setya - detikFood
Jumat, 24 Des 2021 16:00 WIB
Fruitcake
Foto: iStock
Jakarta -

Kue Natal jadi sajian spesial saat perayaan Natal. Beberapa kue Natal pernah dibuat dalam ukuran jumbo dan berhasil memecahkan rekor dunia.

Kue Natal seperti fruitcake, ginger bread atau yule log selalu hadir dalam perayaan Natal, terutama di Eropa. Sajian manis ini membuat momen Natal semakin meriah. Apalagi kue ini biasa dihias dengan tampilan yang menarik.

Ternyata beberapa kue Natal menjadi inspirasi untuk memecahkan rekor dunia. Ada beberapa kue yang dibuat dalam ukuran jumbo, semua berhasil mendapat pengakuan rekor dunia dan menambah suka cita suasana Natal.

Sebut saja di Jerman pernah dibuat fruitcake dengan berat 4.353 kilogram. Sementara di India ada kue Natal tertinggi di dunia serta tak ketinggalan di Indonesia ada kue terbesar dengan bentuk pohon Natal.

Berikut beberapa kue Natal yang berhasil mencetak rekor dunia:

1. Fruitcake terbesar di dunia

Fruitcake terbesar ini memiliki berat 4.353 kg dan berhasil memecahkan rekor dunia sebagai fruitcake terbesar dan terberat di dunia. Fruitcake ini dibuat oleh Dr. Fabrizio Sepe di Hodenhagen, Jerman pada 24 Mei 2014.

Fruitcake ini dibuat dengan campuran berbagai jenis buah seperti strawberry, jeruk, buah persik dan nanas. Bahan yang digunakan antara lain 1.600 kilogram strawberry, 80 kilogram nanas, 100 kilogram jeruk, 360 liter susu, 500 kilogram tepung, 800 kilogram gula dan 1000 butir telur.


Dibutuhkan sekitar 440 loyang besar untuk memanggang kue ini. Kue ini dibuat oleh 20 orang selama 250 jam. Setelah mendapat rekor dunia, kue ini kemudian dibagikan kepada masyarakat.

5 Kue Natal Ini Pecahkan Rekor Dunia, Ada Fruitcake Seberat 4 Ton5 Kue Natal Ini Pecahkan Rekor Dunia, Ada Fruitcake Seberat 4 Ton Foto: Guiness world record

2. Kue Natal tertinggi di dunia

Guiness World Record pernah mencatat kue Natal tertinggi di dunia. Kue ini dibuat di Kerala, India. Kue natal itu berhasil memecahkan rekor karena memiliki tinggi 30 kaki atau setara dengan 914,4 cm.

Tak hanya tinggi, kue Natal ini juga memiliki berat 2.500 kg. Kue Natal ini memang sengaja dibuat untuk meramaikan momen Natal. Tepat pada malam Natal 24 Desember 2007, kue ini dipotong menjadi 22.000 porsi untuk dibagikan sebagai makanan amal bagi masyarakat yang membutuhkan.

3. Kue Natal tertinggi di Indonesia

Pada November 2008 lalu, sebuah rekor dipecahkan di Indonesia. Sebuah kue Natal tertinggi di Indonesia dibuat dan dipamerkan di Jakarta tepatnya di Senayan City, Jakarta.

Kue Natal ini dibuat oleh siswa Sekolah Kuliner Hakasima-Nilasari. Kue ini memiliki tinggi 33 meter dan lebar 9 meter. Kue ini juga memiliki bobot 20 ton. Untuk membuat kue ini, diperlukan bahan baku seperti 1.750 kilogram gula bubuk, 1.620 kilogram gula pasir, 1.620 kkilogram margarin, 243 kilogram bubuk cokelat dan 3240 kg telur. Kue raksasa ini dibuat dan dihias dengan bentuk pohon Natal yang cantik.



Simak Video "Cocok untuk Natal! Resep Mudah Bikin Marmalade Thumbprint Cookies"
[Gambas:Video 20detik]